Saved by My Own Pocket


Semalam, saya lagi ngerjain side job di kamar. Jam 7 teng, perut kriuk kriuk minta diisi tapi saya juga butuh koneksi internet untuk ngirim beberapa email dan ngecek blog, tak lupa plurk. Kuputuskan, ke Pasar Festival yang jaraknya cuman 300 meter dari tempatku. Disana kan ada hotspot. Sampai disana, ternyata wi-fi nya error.
Kemana lagi yah? Oh iya, saya ingat kalo di lantai satu pasar festival ada Java Net Cafe, kali aja ada wi-fi disana. Ternyata, sama aja, gak ada wi-fi tapi mereka menyediakan fasilitas LAN bagi pengunjung yang bawa laptop. Oke deh, tak ada wi-fi, LAN pun jadi. Sekalian saya pesan menu favoriku, nasi bandeng presto.
Sejam nge-net. Semua urusan sudah selesai. Saya pun membereskan laptop, menghampiri kasir untuk membayar bill. Total tagihan untuk internet sejam lebih dikit + nasi bandeng presto adalah IDR 23.750,-. Not expensive lah untuk tempat makan di kawasan kuningan. Saya mengeluarkan dompet dari saku belakang, melongok isi dompet, tapi kok ga ada duit yah. Saya perhatikan dompetnya. KAMPRET, saya salah bawa dompet. Yang saya bawa malah dompet lama ku. Waduh gimana nih, jangan sampe kredibilitasku hancur di depan kasir. Kan malu kalo alasannya," Mbak, maaf tadi saya salah bawa dompet, boleh bon dulu gak?". Bisa-bisa saya disangka pengunjung gelap lagi.
Masih dengan muka pucat, saya coba merogoh saku depan kanan dan kiri. Di saku kanan, ada selembar sepuluh ribu dan di saku kiri juga ada selembar sepuluh ribu. Artinya saya punya 20.000 rupiah cash in hand, saya sedikit lega. Tapi masih kurang 3.750 rupiah lagi. Saya coba merogoh saku belakang sebelah kiri, sepertinya ada beberapa koin. Mmm, pas dibuka ternyata di saku tadi ada 7 koin 500 rupiah plus satu koin 200 rupiah, jadi totalnya IDR 23.700. Kurang 50 rupiah lagi.
Nyari dimana yah? Saya coba melihat sekeliling, kali aja ada koin 100 yang tercecer atau tergeletak di lantai. Tapi gak nemu juga.
Trus dengan sok yakin, saya sodorkan dua lembar sepuluh ribuan itu plus 7 koin 500 an dan satu koin 200 ke meja kasir sambil bilang gini: "Mbak, ini bayarannya, ini masih kurang 50 rupiah, saya ke ATM dulu yah mau ngambil duit" Hehehe, padahal ATM ku kan gak kebawa di dompet pembawa sial ini.
Mbaknya jawab: "Gak usah mas, 50 rupiah nya ga usah dibayar. Berkunjung kesini lagi yah mas". Sambil senyum simpul.
Saya langsung ambil langkah dua ribu, gak noleh-noleh lagi........
Untung banget ada duit kebawa di kantong celana. Saved by my pocket.....Fiuuuuuh

6 komentar
  1. hahahaha...lucky banget! jadi ga pake malu kan??...hehehehe....

    BalasHapus
  2. Gak lah, ini ceritanya happy ending

    BalasHapus
  3. Sumpah ak yg baca jadi ikut2 an deg-deg an Bro!!!

    untung endingnya lumayan lega, walo cm kurang 50 tp teteup ambil langkah 2 rebu! wakakak

    bener2 tu save by pocket!!! Phewww!

    BalasHapus
  4. iyaa idem. aku jadi ikutan deg degan

    BalasHapus
  5. weits, so inspiring and become a warning to be able to be more carefull and well managed before jumping out from the room.
    I was thinking that the solution might be you gave your laptop to the cashier then you run back to your apartment by taxi to grab your wallet, chasing the wind to atm center and withdraw money and get back to pay the amount owed by the cahsier.
    oh Gosh..............never experience this anymore dear

    BalasHapus
  6. Whakakakak...coba yang punya resto itu kaum Chinese, pasti di minta tuh kembalian 50 IDR. Lain kali jangan ceroboh ya.

    BalasHapus