Flash back


Perasaanku campur aduk memasuki tempat ini. Kangen, senang, sedih dan merasa kecil. Saya masih ingat di sudut tempat ini saya sering tidur dan bercanda dengan teman-teman mengajiku. Di tempat ini, saya masih ingat almarhum bapak menyorongkan mikrofon dan memintaku azan untuk pertama kalinya, waktu itu saya masih duduk di SD kelas 1. Yah saya deg-degan waktu bapak dengan senyum bijaknya meminta saya azan, ini bakalan jadi debut saya di dunia perazanan di kampungku. Waktu itu azan selalu dimonopoli oleh kolega-kolega bapak di mesjid, rata-rata mereka seumuran bapak. Entah apa sebabnya gak ada anak-anak yang azan, mungkin butuh surat izin azan kali.

Saya mulai menarik nafas

Baris demi baris azan saya lantunkan, awalnya suara saya masih bergetar tapi lama-lama semakin lantang. Di pertengahan azan, suara dan lafadz saya makin jelas. Sampai baris terakhir, Alhamdulillah gak ada yang salah.

Saya jalan disamping bapak menuju ke rumah sehabis Isya. Sesampai di rumah, bapak memeluk saya, matanya berkaca-kaca sewaktu menatap mata polos anaknya. Tidak ada kata-kata. Saya yakin bapak berkaca-kaca bukan karena saya nakal hari itu, dari senyumnya saya yakin dia bangga anaknya yang umur 6 tahun itu berani azan di mesjid. Yah it was my 5 precious minutes with bapak.

Besok dan hari-hari berikutnya, saya dan teman-teman seumuran jadi ganti-gantian azan di mesjid spesial untuk azan maghrib dan isya.Saya biasanya langganan maghrib dan teman-teman dapat jatah untuk Isya.

Kebetulan kali ini saya ada kesempatan mengunjungi keluarga di kampung lagi. Setiap kali ke kampung, sudah jadi kewajiban saya shalat maghrib di mesjid itu. Ada yang berubah, interior nya sudah berubah sedikit norak dengan warna ijo ngejreng, sekarang mesjid nya sudah 2 lantai, mesjidnya makin ramai. Saya disapa banyak teman-teman sepermainan dulu, serta disapa oleh bapak-bapak penggemar azanku. Mereka nanya: Di Jakarta masih sering azan yah? Saya cuman mesem-mesem aja (yang berarti gak pernah).

Ada nuansa rasa tersendiri yang saya rasakan ketika memasuki mesjid ini, saya jadi ingat Almarhum Bapak, saya jadi terkenang masa-masa bermain saya dengan teman-teman mengaji. Sayang, kemarin saya telat sampai di mesjid, jadi tidak dapat kesempatan azan. Padahal saya sudah rindu mau mengumandangkan azan. Yah next time, I will azan there.......
9 komentar
  1. Cipu lagi melankolis dan sentimentil.. *dengan mata berkaca-kaca abis baca postingan cipu*

    BalasHapus
  2. Mengharukan, kenangan manis masa kecil, membuat kita rindu pada seseorang yg kita sayangi.
    Jadi inget masa kecil saya...

    BalasHapus
  3. Kenangan yang indah...
    Btw, pernah ikut lomba adzan ga?
    Buruan ikut...
    Kali2 aja juara, bisa dikontrak tuch ma masjid Istiqlal, he5x...

    BalasHapus
  4. In all honesty, I don't know what to say... But it seems like you're mengharu biru in your hometown. Cool picture! I <3 it! Cool post too.
    Ternyata Cipu alim ya?
    Sama sekali tidak terlihat....

    BalasHapus
  5. Wah, tiap denger suara anak kecil mengumandangkan azan, hati gw bergetar loh... Nggak nyangka, ternyata dir1mu adalah salah satu dari anak2x kecil yang luar biasa itu. Salut! :)

    BalasHapus
  6. ur blog is so nice!By the way at your free time try to visit my site.I'll also visit yours often.I'll add you in my blogroll as soon as you visit mine.Hope you'l visit soon.

    BalasHapus
  7. wuaaaaa....cipu kereeen adzan kelas 1 SD

    nostalgia niyeee.

    kampungnya dmn pu ? mkasarkah ? sperti yang tertera di plurk ?

    waduh sang bapak sudah nanjauh dsana ya pu..

    turut berduka pu. hik's2

    BalasHapus
  8. di jakarta boro-boro bisa azan,..hmm.sibuk terus kali yaaa..
    hehehe

    BalasHapus
  9. iniyah tulisan favorit babi
    aku hanyut loh bacanya, iya beneran bagus alurnya
    dan ternyata gw br sadar cipu pernah kecil jg hahaha

    BalasHapus