Tuesday, July 21, 2009

These foods make me wanna.....

Dari nama panggilanku "Cipu" yang berasal dari kata "Cipuru" (artinya lapar dalam Bahasa Makassar) , sudah jelas saya termasuk penggemar kuliner. Mungkin sebagai penggemar kuliner, saya masih kalah jauh dalam hal icip menyicip. Selain bakso sebagai makanan favorit, saya mempunyai beberapa makanan yang saya anggap layak direkomendasikan, namun dua diantaranya mungkin susah untuk didapatkan.
Inilah dia daftarnya.
  1. Pizza Bayam, makanan ini direkomendasikan oleh mbak Efa, temen kantorku . Pizza bayam (baca: Spinach pizza) ini disajikan di sebuah penginapan kecil di bilangan Sosrowijayan bernama Bladok (dekat Malioboro), Yogyakarta. Saya yang sering menginap di Bladok tidak terlalu ngeh sebenarnya dengan menu ini karena kebanyakan menu yang disajikan restoran di Bladok adalah menu bule, meski saya juga sebenarnya adalah bule (Bugis Tulen) :p . Sampai suatu sore di sebuah kamar di penginapan Bladok, perutku keroncongan tapi malas kemana-mana, satu satunya pilihan adalah mencicipi makanan di Bladok. Saat kubuka menu nya, saya jadi penasaran pengen mencoba pizza bayam nya. Begitu terhidang, saya langsung menyerbu pizza bayam yang kata Efa enak. Rasanya lain dari pizza pizza yang pernah saya cicipi. Saya pribadi tidak terlalu suka dengan sayuran, tapi ternyata daun bayam kalau dicampur dengan pizza rasanya enak juga. Satu pan yang berisi 6 slice pizza bayam langsung ludes hanya dalam hitungan kurang dari 20 menit, sampai sampai waitress nya negur: "Lagi laper yah Pak!!". Hehehe, jadi malu
  2. Kapurung, what the heck... Makanana apa ini yah, kok namanya aneh. Makanan ini tidak hanya aneh di nama tapi juga aneh di bentuk fisik nya, hehehehe. But don't judge the book from its cover, eh salah don't judge the food from its look and name but taste it first. Ini adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang kurang diketahui orang karena umumnya khalayak lebih familiar dengan Coto dan Konro. Kali ini saya tidak akan menulis tentang Coto atau Konro karena sudah terlalu banyak review tentang makanan ini. Kapurung sendiri isinya sagu, ikan dan sayuran serta kuah. Rasanya boleh diadu dengan sayur asam, atau misoshiru. Makanan ini adalah makanan khas Palopo dan sangat mudah menemukannya di Makassar. Umumnya warung makan dengan embel embel Palopo di namanya menyajikan makanan ini. Namun, saya belum menemukan warung kapurung di Jakarta. Terakhir makan kapurung, saya berhasil menghabiskan 3 piring full kapurung (tapi tanpa nasi), kapurung memang mak nyus. Mmmm kapan yah bisa makan kapurung lagi :p
  3. Nasi Goreng Bu Ida. Semuaya pasti familiar dengan nasi goreng. Banyak penjual nasi goreng kaki lima, namun nasi goreng bu ida menurutku tidak ada duanya. Apa yang unik dari nasi goreng Bu Ida?? Jawabnya banyak. Bu Ida menyajikan nasi gorengnya di rumahnya, yang sama sekali tak berbentuk warung. Pembeli harus datang ke rumah Bu Ida dan duduk lesehan menunggu nasi goreng terhidang. Sekilas, kita tidak akan pernah mengetahui kalau rumah Bu Ida tersebut adalah tempat mencicipi nasi goreng yang super lezat. Selain itu, pembeli boleh memilih level pedas nasi goreng, mulai dari yang tidak pedas, kurang pedas, pedas, sangat pedas dan pedas setan. Saya telah mencoba yang terakhir (pedas setan, red) dan emang bener-bener enak dan bikin lidah bergoyang. Ada beberapa teman yang telah mencicipi nasi goreng ini, temen kantor ku: Anton, Tio, Sekar dan teman jalan ku: Krisna dan Mico yang kebetulan ada di Yogya waktu itu. Mereka sependapat dengan saya, meski awalnya mereka ragu mengingat rute ke warung bu Ida yang tidak meyakinkan. Mencari warung Bu Ida memang tidak mudah, karena kami harus melewati jalan sempit dan gang kecil. Meski menunggu nasi goreng terhidang kadang memakan waktu yang cukup lama, namun semuanya serasa terbayar saat suapan pertama nasi goreng memasuki mulut. Uenak tenan. Thanks buat mas Hari yang telah menunjukkan jalan ke Warung Bu Ida. Lain kali kalo ke Yogya pasti saya akan mampir ke warung Bu Ida lagi, pastinya.
  4. Dim sum kaki lima. Sebenarnya baru beberapa bulan terakhir ini saya familiar dengan dim sum. Dan dim sum yang saya cicipi sejauh ini adalah dim sum kaki lima di Rasuna dan Dim sum di dekat Taman Menteng. Kalau sedang tidak ingin makan malam yang berat (makan malam yang berat maksudnya makan porsi kuli), saya akan memilih dim sum, karena selain enak makanan ini juga bisa bikin kenyang. Cukup dengan memesan tiga set dim sum campur pasti saya akan kenyang (ya iyalah 3 set gitu loh). Nah berhubung lokasi nya yang strategis, rasanya tak salah menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk ketemuan dan kopdar, hehehehe.

UNtuk sementara, 4 makanan ini saja dulu yang saya rekomendasikan. Semoga bermanfaat, selamat makaaaaaan !!! Ishshouni Tabemashouka??

25 comments:

katakataku said...

jadi laper neeh (hungry)

mila said...

Gw jg kmrn makan pizza bayam itu, ternyata gw ga suka bayam.

Kata teh yati dkk, jamur nya jg enak tuh. ga tau namanya apaan, tp jamur yg di goreng tepung gitu. Sayangnya gw jg ga suka jamur :-&

Nasi goreng bu ida itu di mana ciy?

djourney said...

nice writing, seperti catatan wisata kuliner.

ntieholic said...

klo aku gag terlalu tertarik nyoba makanan baru, apa lagi yang aneh² gituw..

teteeeppp BASO is the best

*jadi inget kuis fb, aku nantinya bakal mati karna keselek baso*

Cipu said...

@katakataku: buruan ke kantin
@mila: hmmmm padahal kalo suka bayam bisa sekuat popeye lho. Warung nasi goreng bu ida itu deket malioboro kok
@djourney: thanks for the compliment. Update juga dong .. jangan kelamaan hiatusnya
@ntieholic: maksud lo makanan yang gua coba aneh aneh *pentung*

Retrira said...

Cipu..sejak kapan jadi asistennya pak bondan???

Btw review makanannya keren banget..bikin laperrrrrrrr........

ntar kopdar di dimsum yuukkk kapan-kapan :P

lukman said...

yaampun jadi laper dini neh *slruuupt*

Anonymous said...

jadi pengen k mks mkn kapurung...btw, kyknya pizza bayam blum diorbitkan ya...?!jadi pnasaran, rasanya gimana ya?! (pasti rasa bayamji k` toch?!)hehee...

dhodie said...

saia kira cipu itu artinya tercipu-cipu :P

ehmm mantaff makanannya (mmm)

mymonas said...

tetap yang paling enak adalah mie buatan istriku (yummy)

yasyirli said...

caipuddin....aku mau semua :D, kayaknya yg paling deket mo makan dimsum yg di taman menteng itu dulu aja d...

ciwir said...

enaknya...
bisa dikirim mas?
di-ZIP ya..

dian said...

Yuk, Li, kita merapat ke Taman Menteng untuk makan dim sum.

astheria said...

Yuuummyy...liat foto2nya jadi laper..

cipu said...

@Retri: emang pak Bondan buka lowongan asisten yah... wah boleh tuh... anyway yuk makan dim sum
@lukman: sengaja emang dilengkapi foto biar yang baca pada ngiler
@Muhdar (anonympus): ada referensi kapurung gak di Jakarta.. pengen makan kapurung nih
@dhodie: mau nyicip yang mana??
@opa mymonas: titip dong mie buatan oma mymonas
@Yasyirli & @dian: jadi kapan nih kita menjelajah makanan di taman menteng??
@ciwir: tenang nanti saya kirim via zip, mana alamat emailnya
@Astheria: kalo melapar, saatnya memakan Xixixixixi

ta said...

ckckck.. dasar babi.. *kluarin ajian seribu bayangan*

indira said...

Gw pernah makan tuh kapurung, enaaaakkkk,,kebetulan gw ada darah bugisnya, keluarga bugis gw dulu sering bikin. Gw kangen makan kapurung itu lagi :(

buaya yang setia said...

dasar...
bilang ajah lagi kalap pak.....
hehehehehe.......
ganyang makanannya......
whahahhahaha(ketawa setan...)

faizz said...

wah kita satu pulau ternyata, duh jadi pengen makan kapurung, habis itu dessertnya pake es pisang ijo, yummy.

cipu said...

@_ta: diam lo kebo.... (angry)
@indira; di freezer gua masih ada kapurung yang menanti dipanaskan :p
@buaya: hehehehe, jangan pernah menghentikan ku kalo makan, semakin dihentikan semakin nambah soale :D
@faizz: kita kapan yah bisa makan kapurung plus pisang ijo mmmm (menelan liur)

Shanty said...

mau dong nasgornya (mmm)

Shanty said...

mau dong nasgornya (mmm)

ciwir said...

jadi melapar begitu mbukak tulisan ini.
fotonya itu yang bikin lapaarrr

duniaputri said...

km dari makassar kah? tmen gw ada dr makassar jd penjaga SPBU di indramayu. haha, itu sih istilah dia. ga separah itu aslinya..

okhi,, sampai jumpa lg di agenda nyasar kapan2..

NB : jeleknya gw adlh gw suka nyasar!

Harri said...

ajak2 dunk kl mo makan2

yg pizza bayam ga bangettt

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *