Sahur sambil ngamen di Malioboro



Seperti biasa, saya menginap di losmen bilangan Sosrowijayan bernama Bladok Citra Lestari (disingkat BCL, wakakakak gak deng, namanya Bladok doang). Tidak susah untuk mencari ta'jil di seputaran Sosrowijayan yang bertetangga dekat dengan Malioboro. Penjual makanan banyak dan yang paling penting, harganya murah. Buka puasa pertamaku di Yogya sudah pasti di Nasi Goreng Bu Ida. (yummy)

Bagaimana dengan sahur nya? Hmmm, sempat khawatir juga awalnya saya akan susah menemukan penjual makanan yang buka dini hari menjelang sahur. But then I dont need to be worry as malioboro street never sleeps. Baru sadar kalo ternyata kegiatan jual beli "on" terus di Malioboro, kalo siang dagang nya sandang, kalo malam dagangnya pangan. Heheheh.

Sahur pertama di Yogya saya lakukan di Malioboro, lesehan di koridor sebuah convinient store sambil mendengarkan sekumpulan seniman yang berpuisi dan menyanyi. Makan jadi nikmat sambil dihibur persembahan musisi jalanan. Sahur kedua juga di tempat yang sama, cuman kali ini suasanya agak berbeda. Lesehan itu kali ini penuh dengan belasan bule yang kongkow sambil minum bir dan dua orang musisi yang memainkan gitar ditemani sepasang pengunjung yang turut meramaikan suasana dengan menyanyikan lagu yang jijay bajai. Saya yang sedang menikmati sahur jadi sedikit terganggu dengan lagu dang dut yang non stop hits mereka mainkan. Bule-bule yang duduk di dekatku juga sepertinya tidak menikmati alunan lagu dang dut sang biduan karbitan (ya iyalah, bule mana kenal sama yang namanya dang dut).

Selesai makan, saya mencoba mendekat ke sang musisi, "Mas boleh ikut nyanyi nggak?". Si Mas nya menoleh, "Oh boleh mas, disini bebas saja, tapi tunggu pasangan yang ini selesai menyanyi dulu yah". Perasaan pasangan kekasih ini sudah 3 album belum kelar-kelar juga deh entah sudah berapa lagi Bang Rhoma dan Evie Tamala yang mereka nyanyikan plus Radja dan Stinky (annoyed).

Setelah menunggu dengan sabar, akhirnya pasangan itu menyerah juga, saya mengambil duduk persis disamping sang musisi gitar, dan mulai melantunkan lagu-lagu oldies. Dimulai dari Jambalaya, dilanjutkan dengan La Bamba, para bule mulai melirik dan mulai ikut bersenandung sambil ikut mengangguk-anggukkan kepala. Salah seorang bule maju dan turut berkolaborasi memainkan gitar bersama kami, kami lanjut memainkan lagu the Beatles "Hey Jude" dan "Let it Be". Dan diakhiri dengan lagu "Californication" nya Red Hot Chili Peppers. Then that's how we closed the show. Setelah itu saya salaman dengan si bule yang memainkan gitar, "Next time let's play music again together". Saya cuman bilang, "Sure, why not?". Bapak musisi yang juga ikut memainkan gitar tidak lupa mengajak saya untuk sahur lagi besok di sana. Hehehe. He requested me to come at 2 AM, so we may jam a little longer.

That was the wrap up of my sahur. Ketika beranjak meninggalkan lesehan, seorang pengunjung lain nyeletuk: "mas udahan yah?? padahal baru mau request lagu". Si Penjual yang menjawab, "Besok masih ada yang main kok mas". Ahhh, sebuah sahur yang beda.

18 komentar
  1. mantap. sahur pertama saya di kos.. kekeke

    BalasHapus
  2. Ah Cipu...Kapan ya bisa nyanyi2 di jalan seperti dirimu ?? pasti indahhhhh (thinking)

    BalasHapus
  3. Nggak ada skrinsyut-nya.

    -Pagit-

    BalasHapus
  4. aiihh ternyata penyanyi karbitan juga neeh (lmao)

    mendadak ngartis yeee

    (worship)

    BalasHapus
  5. ekekekek.....dasar dasar.naluri karokeannya muncul dimanapun dan kapanpun. lanjutkan!

    BalasHapus
  6. Cipu sombong iiihhh mentang-mentang lagi di Jogja... hahaha!

    Weeiittzzzz...bentar lagi ganti profesi jadi penyanyi nih kayaknya.. lol!!!!

    BalasHapus
  7. Wah....bakal punya temen artis ni:)
    bagi tanda tangan cipu ntar kalo dah jd artis syusyah mintanya :D

    BalasHapus
  8. coba numpang ngamen di Jakarta dong...

    BalasHapus
  9. @Amri: gua udah lama ngerasain sahur di kos :p
    @Lenia: Lo kan suka nyanyi gak sadar di tengah jalan
    @Pagit: screen shoot tidak ditampilkan untuk keselamatan sang penyanyi (biar gak dikejar-kejar fans)
    @Ntieholic: gua bukan penyanyi karbitan tauk, tapi biduan gagal (lmao)
    @Aci: bialin weks
    @Retri: Lah kan kita bakal sering sering ketemu di Jakarta, don't worry akan kuhibur dengan senandungku
    @Shanty: Amiin amiin amiin (worship)
    @eskopidantipi: ada rekomendasi ngamen dimana di Jakarta??

    BalasHapus
  10. Ah... Jogja mulu jogja mulu,
    gag ngajak2 pulakg,huh (nottalking)
    eniwe, yakin yg ngedenger lu nyanyi gag tiba2 jdi ayan semua?

    BalasHapus
  11. emang asik sahur dimalioboro, apalagi kalo makannya sambil melototin tugu wkkkwkwkwkkw seru juga wkwkkwkw

    BalasHapus
  12. Sesama penyanyi karbitan gak boleh saling mencela donk :p
    Why don't you sing RADJA's song? at least you should let the 'bule' know about your favourite band!

    BalasHapus
  13. wedew gw blom prnah ke jogja tanpa sekalipun dikawal supir, apalagi nginep di hotel low cost.. heheh *hoekkk* next time kucoba deh, spt asyik.. :D

    BalasHapus
  14. (woot) OMG... multitalent juga

    BalasHapus
  15. Baru sahur udah nyanyi at least 5 lagu? hm... jd pengen tau, hari itu buka nya jam berapa heuheuheu kayaknya jam 10 udah dehidrasi kali ya... pas buka bisa2 konser tunggal nih,kalo saurnya udah begini.

    BalasHapus
  16. sahur sambil ngamen atau ngamen sambil sahur???hehehehehe

    BalasHapus