Tuesday, January 26, 2010

I am from ..... not from ......


Cerita ini adalah kelanjutan dari postingan saya di awal tahun 2008 yang ini.

Ternyata selain disangka orang Bangladesh, saya juga kerap disangka orang India atau orang Malaysia sewaktu di Jepang.

Sekarang di Indonesia, ceritanya pun sama. Biasanya ketika berkenalan dengan seseorang, asal atau suku adalah hal yang kadang ditanyakan saat berkenalan. Kalau saya pribadi, saya tidak langsung menjawab pertanyaan mengenai asal saya, tapi membiarkan si penanya menebak darimana asal saya.

Saat berkunjung ke Semarang, saya diantar jemput oleh driver bernama Pak Agung. Selain ramah, Pak Agung juga seru diajak ngobrol. Dan sudah bisa ditebak, percakapan yang tercipta diawali dengan pertanyaan mengenai asal saya.

Pak Agung : Mas Cipu, aslinya mana??
Cipu : Kira-kira darimana pak, kalo liat wajah dan denger aksen saya
Pak Agung : Wah susah tuh pak ditebak....
Cipu : Ayo pak, saya darimana?
Pak Agung : Mmm mas Cipu orang Sumatera yah, kayaknya Padang deh?!?!
Cipu : Hehehehe, tet tot, salah pak.
Pak Agung : Kalo gitu, Bandung yah mas
Cipu : Salah juga Pak
Pak Agung: Jadi darimana dong Mas?
Cipu : Saya asli dari Sulawesi Pak, sekampungnya Pak JeKa, saya kenal beliau
Pak Agung : Oh mas Cipu orang Makassar toh... Wah hebat yah bisa kenal Pak JeKa
Cipu : Iya, Pak. Saya kenal Pak JeKa, sayangnya Pak JeKa nya gak kenal saya
Pak Agung : (MAKSUD LO?!?!?!?)

Yup, memang rata-rata banyak orang yang menyangka saya orang Padang atau orang Sunda.

Selanjutnya selama saya ke Purwokerto, saya juga dianter oleh supir setempat, namanya Pak Pur (mentang-mentang orang Purwokerto, nama panggilannya pun dimirip-miripkan...hehehe gak ding, namanya pak Purwanto). Dan tebak-tebakan mengenai asal saya pun dimulai.

Pak Pur : Mas Cipu darimana?
Cipu : Maksudnya asal saya yah pak?
Pak Pur : Iya, mas Cipu itu asli mana?
Cipu : (tersenyum jahil) kira-kira, asal saya darimana yah pak kaloBapak liat wajah saya?
Pak Pur
: (terdiam sejenak sambil mengamati) Dari Indonesia timur yah mas?

Cipu : IYAH (Wah pak Pur hebat bisa nebak)
Cipu : Nah menurut Bapak, asal saya di Indonesia Timur itu tepatnya dimana?
Pak Pur : Mas Cipu ini, kalo bukan orang Ambon, mungkin orang NTT. (Dijawab dengan polos namun penuh keyakinan)
Cipu : WHAT??? (Ga sampe se-timur itu kaleeee !!!!)

Begitu tiba di Hotel, saya langsung bercermin sambil bertanya dalam hati Kenapa yah Pak Pur menganggap saya asli Ambon atau NTT, tapi sampe sekarang saya masih belom dapat jawaban. Anyone can help??

)* pic is grabbed from http://www.oneroots.com/WhoAreYou_oneroots.gif

15 comments:

iLLa said...

orang itu mw diposma ulang, bisa2nya dy nda tau kalo orang se'keren' ini dari makasar, (cieeehh)

saya jg pernah ditanya, darimana? sy bilang "Makasar, pak" Trus orang itu dengan pedenya lanjut, "oww, makasar itu di kalimantan yak?"


*huwattt,,, nda pernah belajar geografi keknya itu orang* (lol)

mila said...

gw pikir tadinya lu orang batak huahaa *jauuuh*

@iLLa: gw malah tdnya mikir Makassar itu ada di Sumatera *malu*

dhodie said...

bwakakak jempol lo item kali cip ampe dibilang orang ambon *peace untuk orang Ambon*

Tapii.. karena seseorang itu gak bisa menilai diri sendiri, tapi orang lain. Gw tetap lebih setuju dengan Pak Pur (tongue)

mayasaridotnet said...

setelah baca postingan ini, gw liat muka laki gw yg ambon asli.....
Jauh ah....!!!
Pak Pur kayaknya lagi males aja main tebak-tebakan, jadi jawabnya ngasal.....

bilangin ke Pak Pur, ya, dapet salam dari orang Ambon...

cipu said...

@iLLa: Salah itu dek, Makassar itu di Sumatera, tetangganya Papua
@Mila: gua blom dapet marga Batak kek Aluma
@dhodie: pentung dhodie (fish_hit) udah double dod.
@mbak May: will send your regard to Pak Pur

Debbie... said...

Tolong bilang sama yang nebak lu tuch Ambon or NTT ngasaaaaaaaaaaaaaaal bangeth dech ....

atribut lu khan pada mungil2 kog bisa dibilang orang AMbaon???????????? hahahahahahaha

luvie said...

huahahahahaha.. klo gitu jangan ngaku orang indonesia Timur, cip..

jadi udah ketemu jawabnya belum, kenapa lo dianggap dari ambon or NTT? mungkin ini bisa membantu..
*sodorin cermin cembung*

amri said...

Pak Pur : Mas Cipu ini, kalo bukan orang Ambon, mungkin orang NTT. (rofl) emang bener inih

richo said...

wah ga papa di anggep orang ambon or ntt bang yang penting bukan di anggap orang2an sawah heheh........kan asik tar kalo ke ambon di kira warga pribumi beli apa2 murah

cipu said...

@debi: gua kek nya butuh penjelasan lebih dalam deh Debz, agak kurang ngerti maksud lo hahahaha

@luvie: mbak, aku butuh cermin cekung, kalo cermin cembung aku makin tembem... ntar malah dikira orang Palau lagi

@Amri: dodol (idiot)

@richo: masalahnya, kapan yah bisa ke ambon?? (thinking)

merry go round said...

maap niiihh sebelumnyaaa...saya juga nyangka kamu itu blasteran sunda padang :D gyahahahahaha....salah 100%

quinie said...

hm.. waktu gua pertama liat lu & denger2 logat2 lu, kayanya sih gua udah duga kalo lu dari pulau yang sama.
tapi kan waktu itu blom kenal :D... xixixi...

btw, baru ngeh kalo lu komen di blog quinie-se. makasih ya udah nyasar kesana :)

Retrira said...

Wakakaka, gw kira lo orang Sunda. Tp pas lo udah okkots-okkotsan.. Hahaha, serta merta gw tau elu orang UJUn PAngDAn!

Ih, elu kuran item buat jadi orang Ambong! Iteman gw kali.. Wakakaka!
Tapi tampang wayang gw tidak bisa menipu kalo gw orang jawa. Lol.

Felicity said...

Hahaha...seru yak kalo acara tebak-menebak asal begini... Menurut gw, si bapak nebak loe dari NTT atau Ambon karena kalo ngomong 'timur' asosiasi orang pasti ke sana (selain Papua).

Gw baru berani nebak orang Makasar dari cara bicara dan karakter mereka, nggak bisa nebak dari wajah gitu. Seumur2x gw beredar di sini blom ada yang nebak kalo gw orang Indonesia...

mymonas said...

hahahaha... mirip mirip...:)

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *