Tuesday, January 19, 2010

Okkots, should we feel proud or shame of it? (Part 1)

Mungkin rekan rekan non-Makassar belum begitu familiar dengan istilah OKKOTS. Bagi rekan Makassar sendiri, istilah ini pastinya sudah sangat tidak asing bagi kita. Maklum OKKOTS itu selalu dan akan selalu ngetrend di Makassar.

What is Okkots?
Okkots adalah sebuah ekspresi bahasa yang umum digunakan di Makassar dan sekitarnya. Okkots sendiri bisa berarti menambahkan, mengurangi atau mengubah konsonan di ujung sebuah kata. Bentuk okkots yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah Okkots "N" dan "NG". Jadi, kata yang berakhir huruf "N" bisa menjadi "NG" begitu pula sebaliknya, kata yang berakhir huruf "NG" menjadi berakhir "N". Namun, ada juga bentuk okkots yang lain yang akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Contoh:
Kata "makan" terkadang menjadi "makang" ==> penambahan konsonan "G" setelah huruf "N"
Kata "kandang" bisa berubah menjadi "kandan" ==> pengurangan konsonan "G".

Jadi berikut ada beberapa cerita mengenai okkots, cerita-cerita dibawah ini ada yang nyata ada juga yang hanya rekaan semata untuk tujuan bercanda

Mila and Makassar Driver:
Waktu itu Mila sedang berada di Makassar dalam rangka tugas kantor. Dan kantornya menyewa sebuah mobil untuk mobilitas Mila di Makassar. Dan inilah cuplikan percakapan Mila dan si Daeng pengemudi mobil:
Mila : Pak, sepertinya ban nya ada yang salah deh?
Daeng : Apanya Bu?
Mila : Ban nya Pak.....
Daeng : Ban yang mana Bu. Ban Danamong, Ban Mandiri atau Ban BNI..... (diucapkan dengan polos sambil konsentrasi menyetir)
Mila : ???!!!!??? (Pengen ngakak tapi gak enak sama si Driver).
Siapa yang mau coba DAGIN kuda? (Picture is taken from http://daone-kampungmayamacdhawanks.blogspot.com)

Desperate Housewife and the Makassar Husband.
Cerita ini tentang seorang istri yang menggugat cerai suaminya yang orang Makassar. Pada saat persidangan, terjadi tanya jawab antara si Istri (I), Suami yang orang Makassar (SyoM) dengan Pak Hakimyang bukan orang Makassar (HyboM).
HyboM : Ibu yakin mau menceraikan suami ibu?
I : Yakin pak 100%
HyboM : Kenapa sih, ibu ngotot banget menceraikan suami ibu?

Karena masih gak rela digugat cerai istrinya, sang suami langsung membela diri tanpa memberi kesempatan istrinya untuk menjawab:

SyoM : Saya juga heran ini pak Hakim, kenapa istri saya mau menceraikan saya. Sudah saya GANTEN, banyak UAN, ada mobil KIJAN, apa lagi YAN KURAN?
I : Kurang huruf "G", pak Hakim. (Dengan wajah pasrah).
HyboM : ??????? (Sepertinya pak Hakim BINGUN).

A Rock Band Addressing Their Fans
Sebuah band rock lokal sedang manggung di lapangan karebosi (salah satu landmark kota Makassar). Lapangan Karebosi sudah penuh dengan penonton saat band ini mulai manggung. Bermaksud menyapa para penggemar, sang vokalis mulai berkomunikasi dengan penonton dengan gaya yang jumawa.
Vokalis : SEMUANYA, MANA SUARANYA??? (terian kencang Sambil mengangkat tangan ke udara)
Penonton : *&^%***&^&^&*&*&^&^^% (semuanya berteriak lantang tak kalah garangnya)
Vokalis : BAGAIMANA YAN DI UJUUUUUUUUUUUN ???????
Penonton : (serentak dan kompak menjawab) AMAAAAAAAAAAAAAAAANG !!!!!

**********************************************************

Bwahahahaah (Picture is grabbed from http://sportygeek.blogspot.com/2008/08/okko.html)

Salah satu teman non-Makassar yang sudah berhasil saya racuni dengan virus OKKOTS adalah si mbak satu ini.

Cerita di atas tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan orang Makassar. Saya sendiri asli Sulawesi Selatan, mulut dan lidah saya sudah beratus kali mengucapkan OKKOTS tanpa sadar. Dan saya bangga akan itu. Menurut saya, OKKOTS itu bukanlah hal yang memalukan melainkan suatu hal yang perlu dilestarikan.

Bagi rekan yang akan melancong ke Makassar, OKKOTS bisa dijadikan suatu bentuk wisata bahasa yang cukup menghibur selain wisata kuliner tentunya (Ikan bakar, coto makassar dan konro di Makassar sangat terkenal lho).

Akhir kata:
Saya bukan OSELLA (Okkots Sejak Lahir)
Namun Saya Manusia Biasa
Jadi apakah saya layak dihina
Karena Okkots sekali sahaja?

27 comments:

Quinie said...

hoh? pake moderasi toh?
huahaha.. bener kata dodi kalo elu tuh lucu banget karena dari makasar.

btw, kitah serumpun euy... lu dari selatan, gua dari utara :D, kurang lebih ngana pe bahasa sama no?!
*basa daerah mode ancuur*

p49it said...

Dari ilustrasi yang dimuat, ternyata ekspresi bahasanya bukan sekedar di bibir saja, ya, tapi sudah terdampak pada bahasa tulisan. Unik!

Quinie said...

sori, maksudnya bukan karena makasar itu aneh, tapi karena logatnya beda aja ama mayoritas orang2 disini *yang kebanyakan suku jawa*

morishige said...

gyahahaha... saya ngakak baca ini.
:D

tapi, bagi sebagian pedagang-pedagang daging terutama, bisa menghemat spasi pada plangnya. bisa dikurangin satu karakter "DAGIN AYAM" hehe...

cipu said...

@quinie: ngana orang medan jo!!! Salam Sulawesi Quinie... Thanks kunjungannya. Saatnya melestarikan bahasa dan dialek masing masing
@Pagit: Makassar rocks (rock)
@morishige: BIsa lebih parah lagi sih... jadi DAGIN AYANG, nah loh

Iman Sulaiman said...

Asli ... ini baru banget saya tau. Benar-benar ngikik pas baca ini, sumpah!

Negeri kita meman kaya akang budaya yan patut dibanggakang (okok).

Thanks sharing yang unik dan menggelitik ini bro :)

mayasaridotnet said...

bukan hal baru buat saya, yg punya bapak orang bugis... Nice share, cipu...

iLLa said...

hahaha.. nda tauk juga harus malu ato gimana klo dengar ada orang makasar yg okkots disini. Lha kalo di makasar tonji biarmi, tapi kalo dijawa? naketawaiki orang bah... (lol)

tapi baca postingan ini tiba2 jadi bangga sendiri, hakhak...
masi ada lanjutannya? ditunggu ditunggu..
eitu komennya kang Iman pas sekali penempatan okkotsnya tawwa :D

Fenty Fahmi said...

jadi pengen ngobrol sama orang makassar yang deket2 sini ... *summon daeng Arul*

dhodie said...

@Quinie: pitnaaahhh!! kapan gw bilang cipu lucu? lucuan gw kaleee *ngumpet di balik jemuran*

@cipu: untuk masalah OKKOTS, gw cuman pengen ngakak guling-guling deh cip.. serius. elo ceritain berapa kali juga masih tetep lucu (lmao)

Tince said...

Cippuuuuuuuuuu..gue cinta banget sama OKKOTS ini... bikin gue ngakak guling-guling pagi ini, kebayang muka nya mila waktu ditanya sama pak supir (lmao)

Obi-Wan said...

Wakakakaka! Saya juga sempet ngekos sama orang Makassar. Gara2 dia kadang saya suka salah nyebut pisang.

cipu said...

Mbak maya: hahahaah, i just knew that you are also Bugis... pantes ayu... orang Bugis kan cakep dan ayu Wakakakakak

iLLa : Jyaaah kenapa mesti malu, saya sering ka keseleo nah, kadang tak sengaja okkots

Fenty: kalo udah ketemu daeng Arul, perhatikan dengan seksama yah logatnya

Dhodie: akuilah kalo diriku lebih lucu, hue hue hue. Anyway, nice to know that you are NGAKAK guling guling.

Tince: tanya aja si Mila Mbak, dia tuh living proof of OKKOTS

Obi-Wan: Sudah kah anda makan PISAN hari ini?

mila said...

huahahaa.... ada gw.

Trus lucunya wkt drivernya telat dia bilang," maaf, mbak. saya tadi ganti banG dalam dulu." (lmao)

betewei, Cipuuuu... gw mo ke makassar tgl 20 maret (msh lama ya bo') hihihii....

mila said...

Oh oh oh.. gw inget ada satu lagi hihihii... *jd senyum-senyum sendiri*

waktu gw bikin daftar hadir PDSR, tuh kan absennya pertama mereka isi sendiri trus ada dari dinas mana gitu kan. Org2 pd nulisnya SUB BIDAN.. gw sampe bingung.. emang dokter hewan ada yg BIDAN hewan juga yak. Ternyata itu maksudnya SUB BIDANG LOL *pisss*

_ta said...

OSELA!!!!


dooohh..


uda bii,, osela ya ngaku aja giihhh..

lmao

*masi ngakak baca angKUTANG* rofl

d'sTaRz said...

Masa orang Sunda boleh mengubah F jadi P, orang Jawa boleh medok, kita nda boleh OKKOTS????
Makassar bisa tonji cess!!!hehehe..jadi ingat Art 2 Tonic
"Janganmiki malu kalo kita OKKOTS
Tidakjiki mati kalo kita OKKOTS
Itumi Cirita' kalo kita OKKOTS
Daripada logat tapi nanti OKKOTS.."

Nice posting k...^_^

merry go round said...

Aku baru tau, ternyata orang Makassar kalau ngomong seperti itu ya.....Jadi penasaran pengen denger langsung :)

katakataku said...

wuahahahahihiiiixxixixiiii......... plus LOL n ROFL serta LMAO ditambah MUAHAHA........

ditunggu deh ngakak selanjutnya >>>>

cici_silent said...

kalo hari raya Kurbang, oran suka makan kambin yak? (rofl) (ninja)

nh18 said...

Hah ...
Pagi-pagi sudah disuguhi tulisan segar seperti ini ...

Ini tulian ringan dan lucu ...
tetapi ada informasi baru didalamnya ...
At least bagi saya ...

Salam saya

nh18 said...

Menjawab pertanyaan di Judul postingan ini ...

Saya harus bilang ...
Kita harus bangga dengan hal ini ...

Mengapa ?
Ini ciri khas ... !!!
Dan disitulah indahnya

Salam saya (lagi)

filando said...

ahahha..
baru tau saia kalo ada aksen yg seunik itu. kenapa harus malu?? malah bangga kan harusnya.. :lol:

Retrira said...

bwahahahahahaha.....

SUPPPERRRRRR LUUUCCCCUUUU.......

*gulin-gulin ketawa ampe pipis mode onG*

Qorihani said...

gw ga tau ini termasuk OKKOTS juga or not. sempet ngerasa minder, apa gw budek or emang sebuah singkatan....di Makasar ternyata ga ada aktivis dari LSM yang ada dari el-es-eng...haha

trus waktu gw tinggal di Lampung ada juga indikasi sprt OKKOTS ini, cuma mereka sering malas akhiran sebuah kata...seperti jembatan hanya diucapkan jembat...

hihi lucunya seni bertutur orang indonesia...

elo jadiin tesis aja say

Mugniar Marakarma said...

Postingan menarik ... saya sering sedih kalo org Mks/Bugis suka minder sendiri atau dibikin minder sama sekelilingnya krn okkot-nya padahal semua suku pada dasarnya punya 'okkot' tersendiri jika berbicara dlm bhs Indonesia (maksudnya ada kata2/huruf yg kedengaran aneh/ganjil) .. ya misalnya saja dr kampung ibu saya (Gorontalo .. kalo bapak saya Bugis asli, sy lahir&besar di Mks), huruf e misalnya dalam kalimat "Kentara di kening" bisa dilafalkan "Kontara di koning" oleh lidah Gorontalo. Tp itulah salah satu kekayaan Indonesia .. nda patut malu ... org suku2 lain bangga2 saja dgn ke-okkot-an mereka masa kita malu? ... Atau teman2 yg kental dialek Bugis-Mks, kalo ke Jkt/Jawa mau ikut2an logat sana jadi kedengaran aneh .. ya sudahlah .. be natural saja .. nda pa pa ji ... biarkan org lain mencoba menikmati dialek anda .. oke ?

yusranthamrin said...

seperti tertera di pembungkus rokok gudang garang " okkots dapat menyebabkang serangan jantun, impotensi dan gangguang kehamilang dang janing

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *