Sarapan istimewa tadi pagi

Pagi ini, saya menikmati sarapan yang cukup berbeda dari pagi-pagi biasanya. Kalo biasanya menu sarapan saya tak jauh jauh dari roti dan selai atau bubur ayam, kali ini sarapannya cukup spesial dibawakan oleh si kakak tercinta.

Namanya Pallumara dalam bahasa makassar atau Nasu Bale dalam bahasa Bugis. Nasu berarti masakan sedangkan bale itu ikan. Jadi Nasu Bale atau Pallumara berarti masakan yang terbuat dari ikaNG. Pallumara berisi ikan yang dimasak dengan kuah berwarna kuning (makanan ini kandungannya kunyitnya lumayan banyak). Di beberapa tempat, kuah kuningnya agak kental. Rasanya jangan ditanya, nikmat banget. Asem asem enak.... (bukan manis asem asin lo yah... emangnya nano-nano).

Jadi, si kakak kebetulan tadi pagi membawa sebungkus pallumara ke rumah. Saya yang semula sok sok diet, akhirnya tak mampu menahan keinginan icip-icip yang menggelora dalam dada (halah). IdiotJadilah pallumara a.k.a Nasu Bale itu tandas das das. Gembul dot com.
Don't judge the food from its look

Nah buat rekan-rekan yang penasaran dengan rasa Pallumara ini, gak perlu jauh-jauh ke Makassar. Yang berkantor di kawasan Thamrin, sangat mudah menemukan rumah makan yang menjual makanan ini. Nama rumah makannya "Pelangi", terletak di Jalan Wahid Hasyim, samping Hotel Ibis (daerah belakang Sarinah). Saran saya, kalau ingin menikmati makanan ini di rumah makan Pelangi, disarankan jangan sendirian karena porsi nya lumayan banyak untuk dihabiskan sendiri. Sebaiknya bawa pasukan dua atau tiga orang biar seporsi pallumara dapat dihabiskan.

I really enjoyed my breakfast this morning, special with Makassar menu. Hungry

Comments

wanty said…
enak ya? kapan giliran kamu yang bawa ke kantor? :)
iLLa said…
addeh,, nyamangi itu kak nah, pas lagi laparka na kuliak ini gambar, slurpp... *lap lap bebe* :D

di Surabaya sini juga nda pernahpa dapat nasu bale gini, huhuhu..
percis masakannya ibuku :P
Felicity said…
Yummyyyy..... Jadi laper.... :)
merry go round said…
Perasaan sering deh liat si Pelangi ini, tapi lupa tempatnya. Deket Sabang ngga sih pu?
Ayu Mamisinga said…
sbenarnya pertama kali makan ini di makassar, langsung inget masakan mamaku. kek nya udah umum deh pu di jatim, namanya ikan masak asem manis.

ayo, kapan cipu bawa ke kantor
cipu said…
@Wanty: keluar makan ke sana aja yuk
@Felly: *nganterin Pallumara ke OSlo*
@iLLa: makanya pindahmi saja ke Jakarta
@Merry: yup, betul. tempatnya deket Sabang
@Ayu: wah jadi pengen nyicipin ikan masak asem manis buatan mama nya Ayu :D
Quinie said…
masih mengingat2, si emak kayanya sering masak pallumara deh, tapi ga ngeh itu bukan ya? kuning2nya, kunyit2nya sih sama, ikan pula!
kadang si emak suka bikin masakan tak bernama sih :D
Alam said…
Wah makanannya enak

-Alam-
darahbiroe said…
wah mau juga dunt kirim satu mngkuk buad sarapan pagie saya

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya :D
mila said…
Cipuuuu.... mauuuuuuu *ngacai*
p49it said…
Kapan saya diajak makan di Pelangi. Selalu saja dapat ceritanya.
- H - said…
bagi dong sesuap :)
dhodie said…
Ih koq banyak kunyitnya.. Jadi ini kunyit ikan apa ikan berkunyit? :-&
Ria said…
aihhhhhhh pallumara!!!
ini masakan ikan favorite ku apalagi nih setelah dijadikan pallumara ikan itu di goreng...wew...maknyus!!!

kamu orang makassar ya cipu? kalau iya berarti kita sekampung dunk ;)
cipu said…
@quinie: it is definitely pallumara... :D
@Alam: emang enak... mau coba gak?
@Darahbiroe: wah udah habis.. gimana kalo ke rumah makan pelangi aja :D
@mila: come here baby (bringit)
@Pagit: kapan kapan yuk ke sana
@ - H - : nih kukasih seporsi aja sekalian :D
@dhodie: heheh terserah mo dikomen gimana, pokoke enak dod
@ria: iye... gua orang bugis ria.... wah ternyata kita sekampung yah :D
d3vy said…
hahaha... setubuh sama ratu, emak saya dirumah jg sering banget masak ikan digituin (dikunyitin maksutnya).. duh jadi ngiler.. slurrrp
mymonas said…
nunggu undangan dari cipu...
- H - said…
mas cipuy yang ganteng/.. update gak makan malemnya? :D
morishige said…
saya sih paling baru nyoba es pallubutung.. satu pertanyaan masbro, kenapa banyak makanan khas makassar yang namanya diawali "pallu"?
amri said…
nguliner mulu ya ni bocah (nottalking)
♥ria♥ said…
(mmm) (hungry) *lordkriuukkkk*
exort said…
cipu...dapat tag dari gw, diambil ya di t4 gw
cipu said…
@d3vy: kalo emak nya masak ginian... oper ke cipu yak?
@opa mymonas: okeh okeh ... dateng yah
@- H - : saya ga makan malem, paling cuman makan apel doang
@morishige: pallu itu artinya masakan atau memasak
@amri: kewajiban mri... harus makan
@ria: ayoh kemarih aja nyicip nyicip
@exort: thanks tag nya :) akan segera diteruskan
wawansri said…
belum pernah makan tp bikin aku lapeeerrr juga nich..
salam kenal
:)
mampir dari jalan2
ciput said…
Don't judge the food from its look
because everything never same as it seem

Popular Posts