Monday, July 19, 2010

Mencret Time

Bergaul dengan bule-bule di Indonesia memberikan banyak pelajaran baru bagi saya tentang usaha mereka untuk berbaur dengan orang-orang lokal. Salah satu bentuk dari usaha mereka adalah dengan belajar ber-Bahasa Indonesia. Tentu saja bukan hal mudah bagi mereka untuk bercakap dalam Bahasa Indonesia, mereka harus makan singkong dan gado-gado dulu untuk mahir, hehehehehe. 

Di balik semua proses penyesuaian mereka, terkadang terselip cerita-cerita lucu. Adalah Daniel, seorang bule asal benua Amerika yang berbagi cerita lucu tentang anehnya Bahasa Indonesia yang ia gunakan. 

S E L A M A T !!!! 

Suatu ketika Daniel diundang untuk menghadiri pesta pernikahan temannya di sebuah gedung. Daniel tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dengan mengenakan batik, Daniel menuju ke lokasi pesta. Dengan kemampuan bahasa Indonesia yang lumayan, Daniel mudah berbaur dengan tamu-tamu yang lain. 

Kejadian lucunya dimulai saat salaman dengan kedua mempelai dan keluarganya. Daniel mengantri bersama tamu-tamu non-bule yang lain untuk mengucapkan selamat pada mempelai dan keluarganya. Yah, dia sudah memikirkan bagaimana mengucapkan "Happy Wedding" pada mempelai dan keluarganya dalam Bahasa Indonesia. See, how nice of him. 

Saat berhadapan dengan kedua mempelai berikut ibu-bapak mempelai, Daniel dengan tersenyum sumringah dan pede bersalaman dengan mereka satu persatu sambil berkata dengan volume yang cukup keras: 

SELAMAT KAWIN! 
SELAMAT KAWIN! 

Sontak, kedua mempelai dan ibu-bapak nya melongo sejenak, dan tersenyum simpul begitu mengerti bahwa maksud si Daniel adalah Semoga Berbahagia atau Selamat Menempuh Hidup Baru. Yang bener saja man, masak disuruh kawin...... emang ayam.....

O  J  E  K

 In ojek we trust

 Hujan baru saja mengguyur Jakarta pas saat jam pulang kantor. Kebayang dong macetnya Jakarta. Daniel menuju ke tukang ojek langganannya yang dengan setia menantikan dirinya di parkiran kantor. Yup, ojek sudah ibarat kendaraan pribadinya Daniel, ojek menurutnya "reliable" dalam segala kondisi dan cuaca. 

Dalam perjalanan, Daniel sepertinya tak sadar bahwa bajunya di bagian belakang terkena cipratan genangan air di jalan. Dia baru sadar saat sampai di depan rumahnya. Anak-anak tetangganya yang baru selesai hujan-hujanan menghampiri Daniel dan bertanya: 
"Daniel bajunya kotor di belakang"
Daniel dengan enteng menjawab: "Oh gak apa apa.... Ini cuma MENCRET
Sontak semua anak-anak tadi plus tetangga yang mendengar pada ngakak sambil menjauh dari si Daniel. 

Daniel sempat heran dengan respon anak anak dan tetangganya. Dia akhirnya baru sadar kalo dia salah menggunakan kata. Sebenarnya dia ingin bilang MUNCRAT, maksudnya baju nya kena cipratan air tapi yang keluar malah MENCRET. Ya iya lah, semuanya pada jijik. Udah gede kok masih eek di baju. Wakakakakak

Anyway. Salut buat Daniel atas semua usahanya melestarikan Bahasa Indonesia.

24 comments:

BaS said...

hahaha.....lucu.....jorok tapi ga jorok! Crita australianya tumben ga dibahas?

Quinie said...

poto danielnya mana, cip? hihihi... tapi sama kaya yang lu bilang, salut buat daniel !

Quinie said...

btw, ganti template nih? good.. soale template yang dulu rada berat *atau koneksi gua yang dodol?!*

iLLa said...

eh eh ganti theme yaps.. *oot*

kalo pengalaman orang Indonesia di negeri bule ndadaji yg memalukan toh kak? secaraaa.. sudah jagomi basa englais baru ke sana, hihi.. *summon pemilik blog*

Ipul dg. Gassing said...

bwahahaha...kasian..
tapi musti kita hargai kemauan mereka belajar bahasa Indonesia..

d3vy said...

wew... layout baru... sempet ga yakin klo ni blognya cipu :d

.:diah:. said...

Daniel aja bangga tuk melestarikan bahasa Indo, kita harus lebih bangga lagi duunks... :D

anyway salam knal Mas :)

exort said...

huahahaha untung gw pake bau ya
anw template baru nih, bagus nih, terasa segar
*halah...hehehhe*

merry go round said...

Huahahahaha....

Jadi inget Han Suki, Bogor, Hujan, dan kuah yang mengepul, dan saya ngakak banget pas denger cerita ini :p

Tetep ngakak pas baca lagi disini ;)

aris said...

salam kenal,
need IT??
http://www.linovtech.com

Gaphe said...

wiiew. tampilan wajah baruu... temen kamu mah ada-ada aja.. *ngebayangin dialog :

Tanya : Daniel mau kemana?
Daniel : Mau lihat AIR MENCRET di Bundaran HI.

#piss ya niel

luvie said...

owalaaah.. lugu banget si daniel.. (lol) tapi salut dengan usaha dia melesatarikan budaya dan bahasa indonesia.. yang lain tentu jangan mau kalah, dong.. ;)

om rame said...

kisahnya ringan dan menghibur sob, bisa mengendurkan ketegangan seteLah seharian beraktifitas. terima kasih teLah berbagi kisah.

ijin menjadi foLLower di bLog ini, saLam kenaL.

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

hihihihi
untung aku udah lancar bahasa indonesia ^___^

Elsa said...

huuahahahahaa....
mencret time?

ya jelas jijik banget yaa
kalo itu emang benar benar mencret.
hahahahhaaa....

BABY DIJA said...

kawin apaan sih Om?

The Not So Big Philosopher said...

baru baca post ini

hahahaha (pura2 baru denger)

kayaknya saya kenal si daniel
kayaknya saya kangen si daniel

:)

Laisya said...

hhhmmmm .... kayanya apal deh cerita ini ... cerita siapa yaaa??? Tapi tetep, pengen ketawa bacanya ... Ingat, Ingat, dalam menggunakan berbahasa inggris pun jangan sampai kita end up dengan SELAMAT KAWIN!!! hahaha ...

cici silent said...

(lol) *aseli gua ngakak*

BERBAGI BARENG YUDI said...

he..he..he, baguuus..
lam kenal, corry brur ikutan comeent dikit ah and trimz y tuk saling mengenal,ai tng comeentny, trmz bro..

Mila Said said...

Gokiiiiilll....!!!!
gw sampe ngakak2 sendiri.. huahahaa

Beno Blog said...

salam blogger
postingan nya benar bermanfaat nih, enak dibaca, menambah wawasan

nitip lapak ya gan
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , watch jersey shore online , askep

obat tradisional gagal ginjal said...

weeeehhhh,..lucu'' ceritanya bikin ngakak,..!!

intan rawit said...

wkkk gokil abis nih bule..kenalan boleh?haha

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *