Adegan ibadah yang bikin ternganga

Tinggal di daerah yang minoritas Muslim memang selalu meninggalkan kesan tersendiri. Ternyata banyak tingkah polah muslim yang terkadang luput dari perhatian orang banyak dan kerap menimbulkan pertanyaan dari rekan-rekan non muslim. Dan saya kadang gelagapan sendiri karena takut tidak mampu memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan mereka.

Si Toby pengen lihat orang Shalat.

Untungnya kampus ku punya fasilitas musholla, satunya terletak di seberang kampus dan yang satunya lagi di dalam perpustakaan. Saya lebih sering menggunakan musholla yang di perpustakaan karena kegiatan sehari-hari saya yah facebookan di perpus (Jyaaah ketahuan). Waktu itu, saya selesai mengambil wudhu dan siap siap masuk musholla saat mas Decky (salah seorang rekan dari Indonesia) menghampiri saya ditemani seorang bule. Mas Decky ngajak berjamaah dan katanya temen bule nya yang bernama Toby pengen lihat orang sholat. Saya sih ayo saja, orang cuman mau lihat saja kan? Akhirnya, saya dan mas Decky mulai berjamaah dengan khusyu dan khidmat dan si Toby memperhatikan kami dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya  tanpa berkedip (ah lebay hahahahah).

Sehabis sholat, Toby banyak bertanya tentanggerakan-gerakan sholat. Pertanyaan selanjutnya tentang apa gunanya wudhu, apakah wanita bisa memimpin pria dalam sholat. Saya cuman bisa melongo saja mendengar pertanyaan nya. Untungnya ada mas Decky yang bisa mewakili memberikan jawaban, kalau nggak saya pasti sudah ngasih jawaban yang ngawur. Saya jadi sadar diri bahwa pengetahuan agama saya mungkin memang masih sangat dangkal, pertanyaan-pertanyaan dasar dari Toby saja kurang mampu saya jawab. *sigh* --> Buru-buru baca buku Fiqih.

salah satu sudut University of Melbourne

Xin terkagum-kagum padaku

Kalau mau sholat di perpustakaan, biasanya saya harus ngambil wudhu satu lantai di atas ruang sholat tepatnya di westafel toilet pria. Berhubung memang tidak ada tempat khusus wudhu, westafel lah yang menjadi tempat pelampiasan hasrat pengen wudhu. Dan tahu sendiri kan kalo pake westafel, saya harus angkat kaki tinggi-tinggi saat akan mencuci kaki. Kadang, saya harus jeda sejenak menunggu toilet sepi untuk mengangkat dan mencuci kaki di westafel. Karena sering saya mendapat tatapan seribu jarum dari bule-bule saat mereka memergoki saya mencuci kaki di westafel (doh).

Nah kebetulan waktu itu suasana toilet lagi sepi saat saya wudhu. Saya langsung ngangkat kaki ke westafel dan saat kaki sedang di westafel, seorang teman kampus bernama Xin masuk ke toilet. Dia ngeliatin saya aneh. Saya yang jengah ditatap dengan tatapan seribu tusuk kondenya Xin langsung komen duluan:

Saya: I am taking my holy water, an obligation prior to my prayer (Saya lagi wudhu, kewajiban sebelum sholat)
Xin : Oh you are a muslim. How many times you have to pray in a day (Oh kamu muslim, berapa kali kamu sholat dalam sehari)?
Saya : Mmmm 5 times..... (5 kali)
Xin : What? Wow.... you must be very disciplint..... (Apa.... Wow kamu pasti sangat disiplin)

Xin nampak terkejut. Entahlah dibuat buat kali.

Selesai wudhu, Xin mengikuti saya dan kami melanjutkan percakapan.
Xin : I heard you are also fasting during ramadhan (Dengar-dengar kamu juga puasa yah selama ramadhan).
Saya : Yup, we do fasting for 30 days in Ramadhan (Yah, kami berpuasa selama 30 hari di bulan Ramdhan).
Xin : What? 30 days? (Apa? 30 hari?)

Xin menatap tak percaya.

Xin : but luckily you still can drink when you are fasting, you are just not allowed to eat (untungnya kamu boleh minum selama berpuasa, kamu kan cuman dilarang makan)
Saya : Nope, we are not allowed to drink as well....... (Tidak, kami tidak boleh minum juga selama berpuasa)
Xin : What? No food?? No drink?? 30 days??? Wow you rock..... (Apa?? Nggak Makan?? Nggak Minum?? 30 hari?/ Wah kamu hebat).

Xin nampak mulai kagum. Tatapan seribu jarum nya sudah berubah menjadi tatapan terpesona

Xin : Wow..... I can not do that... when was your first time fasting? (Wow saya gak bisa seperti itu.... kapan pertama kali kamu puasa?)
Saya : When I was 6 yo (Waktu umur 6 tahun).
Xin : WHAAAAAAATTT (terbelalak dan menganga)

Saya akhirnya meninggalkan Xin yang masih menganga. Pengen ketawa rasanya kalo membayangkan muka Xin waktu itu. Sepertinya dia kudu diajak ke Indonesia deh pas Ramadhan biar bisa lihat anak-anak kecil yang pada puasa. Xin pikir itu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Tapi bagi kita yang sudah terbiasa, puasa tidaklah sesulit yang Xin pikirkan.

Lesson learned: Masih banyak yang perlu kita pelajari tentang Fiqih Islam dan alasan-alasan dibaliknya, karena banyak pertanyaan mendasar tentang mengapa sholat, mengapa puasa, mengapa zakat yang terkadang tidak bisa terjawab saat orang-orang awam menanyakan pertanyaan ini. Jawaban yang kita berikan pun belum tentu bisa langsung diterima oleh nalar mereka. Mungkin ada yang punya pengalaman yang sama?
25 komentar
  1. terbengong-bengong saat membaca tulisan ini.

    Jangankan menjelaskan semua hal ttg ilmu agama pk bhs inggris,pk bhs sndr jg blm tentu mampu.hmph,mmg ilmu agama saya msh dangkal bgt.cm ngikutin smua aturan yg ada tanpa mengerti maksud dibaliknya.

    Semangat trs ya pu ibadahnya.

    BalasHapus
  2. Jangan2 lu bilang ke si Xin klo kita puasa cm siang doang, malemnya boleh makan minum. Si Xin kitanya kita ga makan & minum sebulan penuh kali. Makanya dia kaget gitu.

    BalasHapus
  3. eh maksud gw lu ga bilang ke si XIn klo kita puasa nya siang doang wkwkwk... ada yg kurang kalimatnya hueee

    BalasHapus
  4. eh bilang ke xin 'wow you jazz'

    gw salut ama elo, mesti sholat dengan khusyu dan hukmat tp elo mast bs tau kl toby memperhatikan dengan seksama kan siapa tau dia sambil nguap n ngupil
    hehehehhe
    kabur ah sebelum didoain yg jelek
    hehehehhe

    BalasHapus
  5. Wuii sukur sukur bisa ngajakin jadi mualaf tuh Cip. hahha, pahala berjamaah tuh...
    yaa kan kita udah kebiasaah puasa, shalat, dari kecil kan.. makanya udah nggak terasa berat. kalo yang baru tahu dan baru nyobain sekali dua kali pasti ngerasa berat.. heemm wallahua'lam

    lanjutkan nak!.. hihihhi

    BalasHapus
  6. Artikel yang sangat menarik,ternyata menjalankan kewajiban umat muslim masih sulit di negara lain ya?sampai ngangkat kaki ke watafel? Tapi saya sangat salut kepada anda, hidup dalam minoritas islam tidak mempengaruhi kewajiban anda terhadap Tuhan. Benar sekali masih banyak yang harus kita ketahui dalam ajaran agama Islam. Sama halnya dengan membaca Al-Quran, kita juga harus tahu arti dan maknanya. Kita memang harus banyak belajar tentang ajaran agama Islam yang sesungguhnya. Sukses buat anda.

    BalasHapus
  7. iyah Kak, kali besok2 ada yg minta diajarin wudhu, trus sholat trus puasa, jadi masuk Islam deh...

    we have to proud to be Muslim :)

    BalasHapus
  8. baca ceritamu dan membayangkannya jadi ngikik aku hihih... ;))

    BalasHapus
  9. salam kenal..
    saya juga kerja dan kuliah ditempat mayoritas nonmuslim, tapi di indonesia.
    mereka juga pernah bertanya:
    kenapa kalian shalat menghadap kiblat? emangnya disitu tuhan? bukannya ka'bah terbuat dari batu? berarti kalian nyembah batu dong?
    dan berbagai pertanyaan lainnya..

    BalasHapus
  10. Kita bisa belajar dari pertanyaan orang..eniwei..photonya keren euy

    BalasHapus
  11. ada hikmahnya juga, krn banyak pertanyaan, cipu jadi lebih mendalami islam :)

    BalasHapus
  12. dapet pertanyaan yang sama waktu puasa kemarin, waktu lagi tugas ke Banjarbaru sama Steve Angus.
    sama nganganya tu sama Xin :D...

    -Jangtu-

    BalasHapus
  13. nice post, yg paling sulit menjawab kenapa babi itu harap dimakan oleh muslim :D
    mo dijelasin pake dalil naqli ya ngak ngerti pasti, harus secara logika utk mereka :D hehe

    BalasHapus
  14. Ga kebayang deh kalo pake rok, harus angkat2 rok sampe dada trus kaki dinaikin ke wastafel.. hahaha!

    Salut deh buat usaha wudhu-nya.. :)

    Tapi kenapa ga ditampung dulu air dari kran wastafel-nya di gelas/wadah trus baru dibasuh ke kaki, Cip?? :D

    BalasHapus
  15. Saya sempat ngakak baca tulisan ini. Apalagi kalau kebayang wajah Xin. Tapi hebat lho pengalihan Mas Cipu. Bisa mengalikan tatapan yang semula dari seribu jaraum menjadi tatapan terpesona.

    BalasHapus
  16. bro..ceritanya menyentuh sekali..
    sebagai orang sudah muslim sejak jadi orok (meski sampe sekarang belum tentu jadi muslim yang baik) kadang kita memang merasa tak perlu lagi bertanya makna di balik semua ibadah yang kita lakukan..

    setidaknya ceritamu ini jadi semacam "alert" kepada kita untuk bisa belajar lebih banyak lagi tentang Islam..

    selamat belajar bro..dan tetap semangat !!!

    BalasHapus
  17. eh lupa,
    yang di atas itu komenku..:D

    BalasHapus
  18. entah kenapa aku terharuuuu :)

    aichhh, PR-ku msh banyak juga ternyatahhhhh :D

    BalasHapus
  19. yup, bener sekali
    mereka kebanyakan terheran heran tentang puasa 30 hari. pertanyaan yang paling sering muncul adalah "Apakah kamu gak mati karena itu?"
    hahahahahahaaa......

    BalasHapus
  20. u sementara kalo ngejawab hal2 dasar, smp nemu jwbnnya, jwb aja :"itu perintah tuhan. we do question. but, that's what god wants from us"..
    btw, ati2 pu, kyknya Xin jatuh cinta ma lo..hahaha...

    BalasHapus
  21. gua baru ajah subsribe blog lu di gugel reader, soale semua yang ada kata blognya kaga bisa dibuka di kantor gua. sebelllll.

    hm... just how lucky we are. tetep istiqomah ya :)

    BalasHapus
  22. untuk wudhu, isi air di botol air minum gitu terus cuci kaki di toilet lalu di-flush, dan jangan lupa dilap kalau pinggiran toilet dan lantainya basah, jadi gak keliatan orang, gak enak aja sama yang lain, mereka mikirnya kita gak tau adat cuci kaki di wastafel hehe...ribet kan mesti jelasin ke setiap orang yang ngeliat :)

    BalasHapus