Lebaran ala Melbourne.......


Saya yakin banyak postingan rekan-rekan blogger kali ini yang berkaitan dengan lebaran. Mungkin tema utama lebaran selain bertemu keluarga adalah....... MAKAN. Yeah, satu yang paling dinanti saat lebaran tiba adalah acara makan-makan, apalagi kalau bisa berkumpul bersama keluarga besar. Which moment do you think better than that. 

Lebaran saya kali ini jauh dari keluarga, jauh dari menu buras dan daging-dagingan ala family chef, jauh dari teman-teman sekampung yang tiap tahun nggak bosan reunian, jauh dari bakso kampung favorit dan terenak di dunia. Lebaran kali ini saya rayakan di Melbourne. Ada yang bertanya: di Melbourne libur nggak? tanggal nya merah nggak? Jawabannya: IYA, kalau kalendernya diwarnain sendiri. Banyak rekan-rekan Melburnian yang harus bergegas ke kelas setelah acara sholat Ied selesai, untungnya saya ga ada kuliah hari Jumat.  
Lokasi sholat ied kali ini: Coburg City Hall

Bagaimana rasanya lebaran jauh dari keluarga? Huh, jangan ditanya rasanya... Ada rasa rindu pastinya, berharap bisa mencium tangan Mama, berpelukan dengan saudara atau berbagi angpao dengan sepupu-sepupu. Tapi jauh dari keluarga saat lebaran tidak perlu menjadi alasan untuk tinggal sendiri di rumah kan? Disini toh, saya banyak teman yang bernasib sama dan merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan. 

Di Melbourne, asyik gak lebarannya? Asyik banget menurut saya. Saya bisa bertemu banyak rekan-rekan Indonesia, merasakan indahnya ukhuwah islamiyah meski berasal dari berbagai latar belakang suku dan daerah. Sholat ied nya rame banget, jemaah membludak dan ustadznya berceramah pake bahasa Indonesia (nggak seperti mesjid dekat rumah yang ustadznya pake bahasa Turki, mau pake google translator juga pasti ga nyambung). Semuanya tersenyum dan merasakan atmosfer kekeluargaan meski banyak yang tak saling kenal. Yang bikin makin meriah adalah potluck nya (setiap keluarga membawa makanan masing-masing ke lokasi sholat Ied), makanan yang tersaji beraneka macam. Mulai dari opor, lontong, sambel goreng ati, rendang, dll, serasa berada di Indonesia aja makanannya. Saya kebagian tugas bawa sambal goreng ati (yang akhirnya saya amanatkan kepada teman cewek disini, takut para jemaah ga nafsu makan kalau saya yang masak).
Mari bersalam-salaman

Halal bi halal dan makan-makan, slllrrppp yummy 

Sehabis lebaran (dan makan-makan), tiba gilirannya menyapa kerabat di Indonesia.... Untungnya Yahoo Messenger sudah dilengkapi dengan fitur CAM, jadi bisa melihat wajah keluarga disana. (God blesses those who created Yahoo Messenger). Sempat ngiler juga sih pas sepupu-sepupu nunjukin koleksi makanan mereka di Indonesia, saya pun nggak mau kalah saya menunjukkan persediaan mie instan yang ada di lemari hehehehehe. 

Oh iya, di Melbourne ada perkumpulan Bugis Makassar yang kami sebut BMG (Bugis Makassar Group). Saya sendiri baru ikut paguyuban ini. Bertemu dengan mereka membuat saya benar-benar merasa punya keluarga disini. Kami sering mengadakan buka puasa bersama (dan liputannya sempat dimuat di harian Fajar lho). Nah di edisi lebaran kali ini, saya menghabiskan waktu pagi hingga sore dengan bertandang ke rumah rekan-rekan BMG yang tentunya menghidangkan makanan-makanan pengguggah selera. Saya malah sempat mencoba gogoso' (makanan sejenis lemang khas Bugis) di rumah salah seorang rekan, benar-benar serasa di kampung deh. Hehehehehehe. 
Selamat merayakan Ied... Mohon Maaf Lahir dan Batin

Lebaran kali ini pastinya beda, tapi tak mengurangi esensi Idul Fitri itu sendiri. Selamat Idul Fitri bagi rekan-rekan yang merayakan, dan selamat berlibur bagi yang tak merayakan. Saya mohon maaf kalau ada kesalahan, saatnya menikmati rindang guys...... 

Comments

lukmandisini said…
om Cipuu~ met lebaran ya, di rantau orang T_T. *ngebayangin rasa kangennya*
exort said…
ya uda kl angpaonya ga bisa dibagiin sepupu, elo bagiin aja ke gw heheheh minal aidzin wal faidzin ya
merry go round said…
Tanya: harian Fajar itu koran mana ya...belum pernah denger nih ;)

seru ya, ngerasain lebaran dengan format yg lain. walau jauh dari keluarga tapi ada teman dan pengalaman bari di Ostrali.

Jadi, berat badannya nambah brp kilo pulang dari acara itu :p

Met Idul Fitri 1431H ya Cipu....maaf lahir batin.
Ini dia postingan yg saya tunggu2! hehehe.. Makasih udah berbagi cerita lebaran di sana :D

Selamat lebaran ya, maafkan lahir batin.. :)
Gaphe said…
Cipuuu... met lebaran yaa.. walaupun jauh dari sanak saudara, yang penting maknanya sama..
Pasti seru tuh lebaran di negeri orang. Bisa buat cerita anak cucu.

Maaf lahir bathin yaak..
itachi said…
met lebaran, mohon maaf lahir batin yaaaa... :D
addiehf said…
met lebaran, minal aidzin wal faidzin maaf lahir batin (worship)
Alris said…
Selamat lebaran ied 1431 H. Maaf lahir dan batin. Salam,
TUKANG CoLoNG said…
seneng banget tersesat ke blog ini. semoga lo gag takut ama nickname gue. hehe

lo sukses nunjukin lebaran dari sisi yg beda banget dari yg pernah gue baca di blog orang2 sini.

lumayan nambah wawasanlah.

maaf lahir batin ya..:)
aRuL said…
wah seru banget lebaran di sana....
tapi tetap ada suasana yang haru biru jika lebaran tak bersama keluarga ;)
kayanya menarik juga berlebaran di negara orang.. :)

met berlebaran :)
iiN greeN said…
wah seru bgt ya kayanya..

-Salam buat org2 Ind yg berlebaran di sana ya!
Anonymous said…
gak sedih2 amat ternyata...:P

-Jangtu-
Retrira said…
*Sungkem virtual*

Maafkan kegokilan diriku selama ini Cipu..........

Majalah Venture-nya sudah sampe di kantor Siska. She will mail it to you soon! Mudah-mudahan bisa mengobati rasa kangen terhadap Indonesia.

Mohon maaf lahir dan bathin Cipu!
Mila Said said…
Kalo di melbourne Lebarannya pke baju baru ga? *pertanyaan ga penting*

heheee.. minal aiding wal faidzin Cipu.
BABY DIJA said…
kapan ya Om..
Dija bisa sekolah di luar negeri trus ngerayain lebaran kayak Om Cipu gitu???

kepingiiin...
Elsa said…
meskipun beda dengan lebaran di kampung halaman, tapi tetep asyik kayaknya yaa...
sekali sekali merasakan lebaran dengan suasana baru, pasti seru tuh..

yang penting kan tetep ada acara makan makan yaaa
hihihihi
BABY DIJA said…
oh ya Om..
Om juga diundang ke acara syukuran/giveawaynya Dija lhooo

Om ikutan juga yaaa
wah,selamat lebaran cess..mohon maaf lahir dan bathin..

btw, punya pegalaman lebaran di luar negeri pasti berkesan sekali ya..sebuah pengalaman yang sangat berharga...
d3vy said…
maaf kahir bathin cipu,.....
eh sepertinya cipu menggemuk (ninja)
Beno Blog said…
salam blogger
postingan nya benar bermanfaat nih, enak dibaca, menambah wawasan

nitip lapak ya gan
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , watch jersey shore online , askep

Popular Posts