Monday, November 23, 2015

De Koi Kopi: Ikan Koi Dalam Cafe

Saya sering bingung kalau ditanya gini nih sama teman-teman " Eh Pu tempat nongkrong atau ngopi yang enak di Cibubur dimana yah?", soalnya selain saya anak rumahan (tssaaaah) alias ga suka kelayapan, saya juga gak terlalu suka kopi. Jadi paling-paling tempat yang saya rekomendasikan adalah Cibubur Junction atau Ciputra Mall, soalnya referensi tempat nongkrong saya memang tidak banyak.

Minggu ini, ajakan ngopi dari teman teman Cibubur Runners (Burners) tiap malam masuk ke hape saya. Pastinya ngumpul sama teman-teman penggemar lari Cibubur ini selalu asyik, cuma sayang memang minggu ini jadwal keluar kota saya belum berakhir. Ajakan nongkrongnya di sebuah cafe baru bernama De Koi Kopi. Penasaran dengan tempatnya, saya akhirnya berkesempatan Sabtu malam kemarin buat bertandang ke tempat ini. Ternyata jaraknya cuma 5 menit naik sepeda dari rumah saya. Alhamdulillaah, gak perlu jauh jauh ke Cibubur Junction atau ke Mall Ciputra. Well, I am never a fan of Starbucks anyway.

Ternyata De Koi Kopi merupakan sebuah cafe yang didirikan untuk menyalurkan kecintaan Pakde (pemilik De Koi Kopi) dan Pak Dede (co-owner) pada kopi dan ikan koi. Konsep cafe nya pun menurut saya sangat unik. Begitu masuk, mata pengunjung langsung dimanjakan dengan sebuah meja kaca melengkung yang berfungsi sebagai pembatas akuarium besar, tempat pak Dede menaruh beberapa ekor ikan koinya. Jadi pengunjung yang datang bisa duduk di meja tersebut sambil memandangi ikan koi yang menggoda buat difoto.
 
Ngopi sambil diliatin ikan
 Pakde yang tahu saya bukan penikmat kopi, pelan pelan mulai memperkenalkan tentang kopi kepada saya. Apa bedanya Robusta dan Arabica, kopi-kopi di café nya darimana saja, metode basah dan alami dalam pemrosesan kopi, serta memperkenalkan berbagai alat untuk mengolah kopi. Sesi pengenalan kopi kemarin cocoknya dibukukan saja dengan judul “Coffe for Dummies”. Siapa dummy nya? Ya saya lah… Pakde dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya terkait kopi. Tak hanya obrolan menarik tentang kopi, Pakde juga menuangkan beberapa sampel kopi di beberapa gelas kecil sebagai free tester untuk saya. Katanya biar saya tahu bedanya Arabika sama Robusta. Sepertinya masih butuh beberapa sesi free tester deh agar saya bisa membedakan mana Robusta dan Arabika. Hahahah dasar mental gratisan yah saya ini. 
 
Pakde and his crews
Selain kedua jenis kopi di atas, fitur utama De Koi Kopi adalah kopi Liberica. Konon katanya gak banyak yang menyajikan kopi jenis ini. Nah ini yang menjadi salah satu alasan penikmat kopi untuk main kesini, sekalin bisa diskusi tentang kopi dengan Pakde. Dijamin ngobrol sampe cafe tutup deh. 
 
Inventarisasi kopi De Koi Kopi 
Selesai sesi ngopi, Pakde bilang gini: Kalau sampeyan masih ada pertanyaan tentang kopi, monggo ditanyakan, saya akan jawab semampu saya. Tentunya Pakde, saya menikmati pelajaran tentang kopi dan senang melihat semangat Pakde dalam menjelaskan tentang kopi kepada para pengunjungnya. That’s what I called passion.

Mengenai harga, harga kopi disini menurut saya reasonable, dipatok di kisaran belasan hingga tiga puluh ribuan. Dengan harga segitu, kita dapat menikmati  kopi enak, wifi gratis dan suasana café yang adem ayem tentram dan damai, plus bisa berfoto bersama ikan koi.  

Berikut tujuh fakta unik tentang De Koi Kopi café yang perlu teman teman tahu:

  • Foto-foto yang dipajang di dinding café adalah foto yang diambil langsung dari tempat pengambilan dan pemrosesan kopi yang digunakan di De Koi Kopi. Ini untuk menunjukkan kepada pengunjung sumber, proses seleksi, dan pengolahan kopi yang digunakan dalam café ini
Suasana cafe 
  • Meja yang digunakan di tempat ini adalah meja bekas mesin jahit merk Singer yang sedikit dimodifikasi agar bisa digunakan sebagai meja ngopi. Berhubung meja nya bekas mesin jahit, bagian bawah meja ini ada tempat kaki yang bisa jungkat jungkit ala penjahit.
Suasana Lantai 2: upcycle meja bekas mesin jahit menjadi meja ngopi 
  •  Kolam ikan yang digunakan untuk ikan koi ternyata memiliki kedalaman 1,5 meter. Dengan meja akuarium setinggi 80 sentimeter, De Koi Kopi harus menggali kolam sedalam 70 cm untuk bisa memiliki kolam ideal untuk koi dalam ruangan. It was a great attempt to reflect café’s brand: KOPI and KOI.
  • Buku menu tempat ini tidak hanya berisi list jenis kopi dan harganya, akan tetapi juga dilengkapi dengan informasi lengkap tentang masing-masing jenis menu kopi yang dihidangkan.
Buku Menu De Koi Kopi: sekalian menambah wawasan 
  • Selain menjual kopi reguler, De Koi Kopi juga menjual cold brew coffee berupa kopi dingin yang diolah dengan perlakuan khusus. Jenis kopi cold brew ini dijual sedikit lebih mahal dibanding kopi regular.
Cold brew coffee
  • Ikan ikan yang ada di kolam, ternyata punya foto profil masing-masing yang juga dipajang di dinding café ini. Ikan ikan inipun bisa eksis yah hahahah.
Foto profil ikan ikan yang ada di kolam
  • Password wifi nya menggunakan nama salah satu jenis ikan koi. Apakah password wifi nya? Silahkan main aja langsung ke café nya.

Bagi teman-teman yang kebetulan lewat Kota Wisata atau Cibubur dan pengen nyobain kopinya, silahkan mampir di tempat ini yah. Lokasinya di Ruko Trafalgar Kota Wisata. Jam buka: 10.00 – 22.00. Enjoy the KOPI and the KOI… 
Affogato: ice cream disiram espresso, pilihan bagi para non coffee addict

Kalau teman-teman beruntung, mungkin bisa bertemu saya di sana hahahahahah. 

18 comments:

Anonymous said...

artikel yang bagus bro.. see you at De Koi Kopi

erwin said...

asyik nih deket rumah kakak gue ,kapan2 mampir ah...
thank cipu atas infonya

cipu said...

@Anonymous thanks bro... Sampai ketemu di De Koi Kopi

cipu said...

@erwin Mas Erwin, silahkan mampir. Tempatnya enak buat nongkrong :-)

Ratu SYA said...

Trafalgar, Kayanya kenal deh. Deket gereja tiberias ya?
Keren juga ya idenya kopi Dan koi.
BTW kalo harganya segitu mah masih reasonable ya dibanding brand coffee shop yang muahaaall bingitz.

BTW itu bisa mention si komentator gmn caranya?

cipu said...

@Ratu SYA Mbak Ratu, ini lokasinya dekat dengan pondok China di Kota Wisata.

Untuk mention komentator di blog, biasanya saya klik postingan yang akan di balas komennya. Dan begitu scroll ke bawah, akan ada tulisan (Reply) di samping nama masing masing komentator

Modern Interior Design said...

Wah bagus, bisa buat relaksasi juga ..

Kami menyediakan beberapa info tentang Pagar Rumah Minimalis || Desain Rumah Sederhana || Modern Interior Design || Rumah Minimalis Sederhana || Model Rumah Sederhana || Teras Rumah Minimalis . Jika anda berminat silahkan kunjungi web tersebut.

Mila Said said...

sabtu besok kesana yaaa... gw suka kopi item gak pake gula, kayak abang2 sopir truk engkel bwahahahaa

Ratu SYA said...

@cipu eh kok bisa gini ya?
Di html code nya pake script khusus ya cip?

Ratu SYA said...

@cipu eh kok bisa gini cip? Itu di html code nya ada script khusus ga?
Soalnya tombol replynya beda sama yg di blogku

cipu said...

@Ratu SYA

Ada script html nya mbak. Cuman kalau ku kopi di reply message ini gak akan keliatan karena blogspot akan membacanya sebagai html code.

DIJA said...

Dija gak suka kopi hitam yang pahit om
tapi kalo dicampur susu , dija suka

cipu said...

@DIJA Di De Koi ada banyak pilihan, nanti kalo Dija dan Tante Elsa ke Jakarta dan lewat Cibubur, bisa mampir di tempat ini

Meutia Halida Khairani said...

Gw suka nongkrong di cafe kopi, tapi ngga akan minum kopi. hahaha. langsung gw zoom menunya utk memastikan kalau gw kesana, gw bs minum Green Tea Latte atau White Tea :)

VAP said...

Affogato koq dibilangnya buat yang non coffee addict sieee.... Itu kan pake espresso doank...>_< Yang bukan buat coffee addict itu misalnya ice cream disiram mocha or chocolate :D

Yudi Randa said...

liberica?? waah baru denger saya Bang..
satu lagi, maunya di sana juga menyajikan kopi kocok telur :D

Rudy Kurniawan said...

Wow konsep yg bagus..jd betah ngopi euy.
Ijin..info investasi lahan keluarga di San Diego Hills memorial Park bebas biaya perawatan dan kebersihan selamanya klik San Diego Hills

MAS LALIH said...

Terima kasih om...



I'm a green coffee supplier from Indonesia feel free to contact us

kami adalah supplier kopi hijau original 100% jika berminat bisa menghubungi kami ya :

siap untuk bagi para Reseller / dropshipper juga
Pusat Jual Kopi Hijau HW Green Coffee

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *