Nike Running Kembali Nol

Kebiasaan lari saya sedikit banyak dipengaruhi oleh aplikasi lari yang saya gunakan. Saya adalah pengguna Nike Running atau Nike+, aplikasi besutan Nike yang bisa diunggah ke hape dan digunakan saat berlari. Dengan menggunakan Nike Running, pelari dapat mengetahui jarak lari, pace (waktu tempuh per km), waktu tempuh serta jalur lari. Tampilannya yang sederhana dan user-friendly menjadikan aplikasi ini banyak digunakan oleh pelari. Keunggulan Nike Running mungkin terletak pada data lari yang dapat dicantumkan di foto, untuk selanjutnya dipamerkan di media sosial. Selain itu, Nike Running juga mengompilasi jarak lari bulanan/mingguan penggunanya dan menyusun urutan (leaderboard) berdasarkan jarak kumulatif.

Perkenalan saya dengan Nike Running bermula dari tahun lalu saat saya dihadiahkan Nike+ Sportwatch dari kakak saya. Untuk bisa mengunggah data saya ke nike running, saya harus menggunakan nike connect dan mencolokkan jam tangan saya ke laptop/macbook. Nike connect akan memindahkan data lari saya ke nikeplus.com, tempat semua data para pelari disimpan. Dengan menggunakan aplikasi Nike Running di IPhone saya, saya bisa langsung mengunggah data data dari nikeplus tersebut ke perangkat hape saya. Jadi proses pemasukan data saya sebenarnya agak ribet: 

Dari jam tangan ke laptop dan kalo udah masuk laptop sekalian bisa di update di iphone.
Sebenarnya Nike Running juga bisa digunakan tanpa jam tangan. Aplikasi ini saat sudah diunggah ke hape dapat difungsikan sebagai GPS sehingga aplikasi ini juga dapat memberikan data jarak, pace dan lintasan lari pelari. Perbedaannya mungkin terletak di akurasi. Hasil peta dengan menggunakan jam tangan biasanya lebih akurat daripada menggunakan hape dengan aplikasi Nike Running. Namun, galat ini tidak seberapa lah bedanya. 

Saya sangat menyenangi kompetisi bulanan Nike Running ini karena saya jadi terdorong untuk mengatasi rasa malas berlari saat teman-teman pada rajin lari. Klasemen bulanan biasanya makin memanas menjelang akhir bulan karena teman-teman pelari makin rajin lari buat mengamankan posisi. Tak terasa, sudah setahun saya berlari dan saya Alhamdulillah masih istiqamah berlari, thanks to Nike Running application. Kumulatif lari saya pun sudah lebih dari 1000 km selama setahun berlari. A result that I never imagined two years back. 

Sampai pada suatu hari di bulan Desember, saya habis berlari dan mencoba mengunggah data dari jam tangan saya ke nikeplus. Saat mencolokkan jam tangan saya ke laptop, Nike Connect menunjukkan tanda error "couldn't connect to nikeplus.com" yang berarti bahwa data-data lari terbaru tidak dapat ditampilkan di website nike dan tidak bisa muncul di nike running. Beberapa kali jam tangan saya cabut dan pasang namun hasilnya tidak sama. Saat saya coba mengakses nikeplus via website, laman error muncul. Saya tidak bisa membuka profil saya serta data-data lari yang telah saya unduh. 
Error message in Nike Connect
Tampilan saat log in di website Nikeplus


Untuk cross check, saya mencoba membuka nike running saya di iphone dan ternyata semua data saya hilang  dan jumlah total lari saya kembali ke 0 kilometer. Saya mulai panik karena data lari saya ada lebih dari 100 file di sana, dan kumulatif lari saya sudah mencapai 1000 km. Keringat dan usaha saya lari sepertinya menguap tiba tiba seiring dengan hilangnya data lari saya.
Tampilan Nike Running di iphone saya

Setelah beberapa saat, saya jadi teringat bahwa saya sempat memiliki kasus juga dengan Nikeplus saya saat hasil lari saya terupload ke Nikeplus namun jarak kumulatif saya tidak bertambah. Saat itu, saya berkonsultasi dengan tim support nike, dan masalah saya terselesaikan dalam waktu hanya sejam.

Saya segera log in ke akun facebook saya dan mencari laman "Nike+ Run Club". Saya biasanya berkonsultasi dengan tim Nike+ via akun facebook Nike+ Run Club ini. Begitu saya masuk ke laman Nike+ Run Club, para pengguna akun nike sebenarnya bisa langsung menuliskan masalah yang dihadapi di dinding/wall laman ini. Namun, kadang respon tim Nike lambat jika kita menggunakan jalur ini, atau pesan kita akan ketimpa oleh pesan pengguna yang lain. Saya lebih memilih sesi curhat personal dengan tim Nike+. Untuk bisa curhat langsung, silahkan klik Nike+ Support di laman facebook Nike+ Run Club, seperti pada gambar berikut:

Laman facebook Nike+ Run Club, silahkan klik Nike+ Support 
Setelah Nike+ Support di klik maka kita akan diarahkan ke halaman berikut, silahkan klik "View My Discussion"
Laman Nike+ Support, silahkan klik View My Discussion. 
Setelah itu silahkan scroll ke bawah dan akan muncul sebuah chat box dimana para pengguna dapat mencurahkan uneg-unegnya ke tim Nike+ terkait masalah yang dihadapi. Dan karena judulnya "My Discussions", maka jalur ini bersifat lebih personal atau one on one dengan tim Nike+.
Ask a question, tempat bertanya ke tim Nike+ 
Meski judulnya Ask a Question, saya toh tidak bertanya satu pertanyaan. Saya memborbardir tim Nike+ dengan sejumlah pertanyaan yang saling berkaitan.
Membombardir tim Nike+ dengan sejumlah pertanyaan 
Pada intinya pertanyaan yang saya ajukan ada beberapa:

  1. Jam tangan saya tidak bisa menyambungkan data ke nikeplus.com sehingga data data lari saya tidak bisa terupdate. 
  2. Akses saya ke website nikeplus.com juga error saat saya log in, saya sertakan kode error yang tertera di website pada saat saya log in. 
  3. Aplikasi Nike  Running saya  di hape menunjukkan angka nol dan saat di refresh jarak lari total saya masih tetap nol. Semua data aktivitas saya juga ikut hilang. 
Saat mengajukan pertanyaan, pastikan bahwa penanya mencantumkan alamat email yang digunakan untuk Nike Running serta screen name di Nike Running. 

Tim Nike+ pun lumayan responsif dengan pertanyaan saya. Hanya saja perbedaan waktu antara Jakarta dan Amerika sepertinya menyebabkan proses korespondensi berjalan lambat. Terkadang pertanyaan saya baru dijawab 12 jam kemudian, atau saya baru lihat balasan tim Nike+ sehari setelah mereka memberi jawaban. Masalah dengan layanan ini adalah bahwa jawaban dari tim Nike+ tidak akan muncul di notifikasi facebook, jadi kita harus ke laman Nike+ Support untuk mengetahui ada balasan atau tidak. Selain itu, layanan Nike+ Support ini tidak dapat ditampilkan di hape, melainkan harus diakses dari laptop. 

Jawaban dari tim Nike+ untuk masalah sayapun tidak langsung menyelesaikan masalah: 
  • Uninstall dan reinstall nike connect di laptop - sudah dicoba dan tidak ada perubahan 
  • Uninstall dan reinstall nike running di hape - sudah dicoba dan tidak ada perubahan 
  • Mengakses nikeplus.com dari browser berbeda - sudah dilakukan dan masih tetap error. 
  • Membersihkan cookies dan cache di browser - sudah dilakukan dan masih tetap error. 
Komunikasi ini berjalan selama lebih dari seminggu, dan saya sudah cukup desperate dan sedikit mengurangi motivasi buat berlari. 

Bolak balik saling reply demi mengembalikan data lari.
Setelah 10 hari berkorespondensi dengan tim ini, dalam perjalanan ke kantor Senin kemarin via APTB, saya iseng membuka Nike Running di hape. Dan Voila..... jarak kumulatif saya muncul... 1071 km. Ada rasa lega dan senang yang tiba tiba muncul pagi itu. Saya senyum senyum sendiri di APTB, saya yakin banyak yang mengira saya orang yang lagi stres. Saat saya mencoba membuka website dan mengakses nikeplus.com, semua data lari saya juga sudah kembali. Another great feeling. Dan saat saya menyambungkan jam tangan ke laptop, data data lari saya bisa terupload. Huaaah senangnya...

And it's baaaaackk!!!!!!

Comments

Mila Said said…
Udah bilang terima kasih ke tim nike+ blm? kasian tuh pst mereka bingung semiinggu kutak katik masalah lo, malahan gw yakin kasus lo masuk di weekly meeting mereka bwahahahaaa
cipu said…
@Mila Said Ya udah dong Mil.... cuma mereka ga balas. Kesimpulan gua: mereka cuma jawab lu kalo lu lagi ada masalah.
Linda Leenk said…
aku pakai aplikasi kayak gini malah ga pernah dinyalain pas lagi lari hahahahahaha
Keke Naima said…
jadi tambah semangat lagi larinya kalau masalahnya udah beres, dong? :)
d3vy said…
dalam satuan kilometer tuh? aiih keren
keep running ya Cipu :)
intanrawits said…
wah bisa ngurangin semangat juga ya kalau nike+ ada trouble, kerenn2 udah 1017 km aja larinyaa mancappp, aku lari di tempat aja deh hehehe
harry sahari said…
bro itukan total run nya balik, kalo aktivitynya balik gak bro?
bisa dibantu
saya pakai app nike run 2.0.3
tapi ko saya pilih basic run gabisa di save ya
gabisa lihat hasil juga seberapa jauh larinya
apalagi saat play musik sambil berlari, itu ga muncul musiknya.
bisa dibantu untuk masalah ini.?
hubungi di line: id_privacymans
terimakasih

Popular Posts