Pak, boleh foto nggak??


Sudah beberapa kali saya dapat tugas mengunjungi tempat pengumpulan unggas di beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya. Saya biasanya menemani Stacie, rekan dari Amerika, untuk survei tempat penampungan unggas. So, kami masuk dari satu penampungan ke penampungan yang lain. Jadi, tubuhku yang semula beraroma parfum kaki lima di pagi hari, akan berubah menjadi aroma pakan ayam yang bercampur dengan ekstrak kotoran ayam di sore hari. Yakin deh, kalau sore udah gak ada yang mau dekat-dekat (lalat aja ogah)

Survei yang dilakukan Stacie memang mengharuskan saya masuk keluar tempat penampungan ayam. Tak terhitung banyaknya foto yang Stacie ambil di tiap-tiap tempat penampungan ayam. Seperti kemarin, saat kami berkunjung ke dua tempat penampungan ayam yang lokasinya berdampingan. Kami sempat bercakap dengan pekerja kandangnya.

Stacie (S): How many chickens coming everyday?
Cipu (C) : (menerjemahkan) Pak, berapa banyak ayam yang datang tiap hari ke tempat ini?
Penjaga kandang 1 (PK1) : Mmmm 800 an ekor pak
Penjaga kandang 2 (PK2) : Gak lebih 1000 ekor pak sehari.

Percakapan berlanjut tentang volume kandang, pembersihan kandang, asal ayam dll dst dsb.

*******************************

Interview hampir berakhir.....
S : Cipu, ask them, can i take pictures?
C: (menerjemahkan) Pak, boleh foto nggak? (maksudnya Stacie sih bisa foto kandang dan ayam-ayamnya nggak?)
PK1 dan PK2 tiba-tiba diam, muka mereka memerah sambil senyum-senyum malu-malu. "Ah bapak bisa saja.......," kata si PK1 sambil tersenyum tersipu-sipu.
Saya sempat bengong sendiri kok mereka tiba-tiba malu begitu. Ada apa yah?

KRIK KRIK KRIK

Oh saya baru ngeh, rupanya PK1 dan PK2 geer, mereka mungkin menyangka kalo Stacie mau mengambil foto mereka berdua, padahal Stacie lebih tertarik mengambil gambar kandang dan ayam-ayamnya daripada gambar mereka berdua. Saya yang salah menerjemah atau mereka yang salah tafsir yah hahahah.
Buru-buru saya ralat sambil tersenyum...."Pak, maksudnya boleh foto kandang dan ayam-ayamnya gak?"
Mereka diam lagi, tapi kali ini dengan muka kecewa mereka bilang, "Oooo silahkan, pak. Mangga atuh..."
Setelah mengambil beberapa rol film (udah gak jaman kali pake rol), eh salah, setelah jepret sana-sini kami pun pamit, menuju ke tempat penampungan yang lain. PK1 dan PK2 melambaikan tangan, mungkin perasaan mereka campur aduk, senang dan sedih Senang karena saya yakin itu kesempatan pertama mereka mengobrol langsung dengan bule sambil diliatin tetangga-tetangganya. Sedih, karena ternyata sang bule lebih tertarik menjadikan ayam-ayam mereka sebagai obyek jepretan dibanding memotret PK1 dan PK2. (Don't worry dude, you are still sexier than the chickens, hahahah)
Moral of the story: Saya tidak lost in translation, hanya mungkin kurang lengkap memberi penjelasan. Akhirnya, PK1 dan PK2 sempat jadi salah faham dan sedikit Ge-eR. heheheeh.



Comments

denmasdeny said…
mengecewakan orang itu bisa membawa bencana lo cips....
tega2nya dirimu gak foto org2 itu ama stacie... teganya..teganya...
tedy said…
harusnya difoto aja sekalian bareng2 sama kandang dan ayamnya...

kasian lo, mereka kan jarang bisa foto2, apalagi sama bule :P
fuda said…
miss comunication .. aahaha sadiss .. sampe ter cipu cipu malu gtuh PKnya ..

agh sayang skali pu . poto unggas2nya nga kmu minta satu bwat blog .

kan mayan oleh2 keringat ber aroma pakan ayam .ahahaha ..
fuda said…
miss comunication .. aahaha sadiss .. sampe ter cipu cipu malu gtuh PKnya ..

agh sayang skali pu . poto unggas2nya nga kmu minta satu bwat blog .

kan mayan oleh2 keringat ber aroma pakan ayam .ahahaha ..
fuda said…
wedew ..
double post..
tak hapus ya pu satu..

tak kira nga masuk komentnya , fuda klik 2x ekekekekek ..
Felicity said…
Hehe... :D Gw sering ngalamin kejadian kayak begini di lapangan. Berhubung buat ngejaga perasaan, gw biasanya foto mereka juga, padahal sih niatnya foto yang lain. Nggak papa deh, buat kenang2xan juga :D
mymonas said…
**cipu memang polos** wakakakakakaka
cipu said…
emang gua polos yah?? :(
Retrira said…
cipuu...

kacian banget bapak-bapaknya!!
kenapa ga dipoto asal jepret aja pasti mereka udah seneng :P

apalagi poto sama elu..."aldi bragi"..hahaha! ama artis bo!
Meidy said…
Aduh Pu... kasian bgt mereka.. kpn2 klo ada gitu lg foto juga mrk ya Pu.. awas klo engga (ngancam mode on), hehehe..

btw, kok aku blom dilink sih?? :(
SandiasA said…
hahahha...

kejam nian dikauw. coba dakuw yg jadi tuh korban udah aku timpuk ma tuh ayam .. kekekkee
dentingjiwa said…
wah..baru liat orang se-narsis ini.tak heranlahhhhh.
peace visit dr mel di klp gdng
Mila Said said…
Hahahaa...
Cipu.. tega banget deh.
Kenapa sih ga lu foto aja bapak2 itu buat basa-basi doang spy mereka ga terlalu kecewa ha3..
dian said…
Mencoba kasih komentar di blognya Cipu, ahhh. Moga-moga kali ini berhasil.

Komentarnya: seharusnya ada foto dirimu, Stacie dan kedua bapak itu dalam tulisan ini.

Popular Posts