Oblong ala Vietnam

Guys, mungkin semuanya sudah sangat bosan dengan cerita tentang Ho Chi Minh. Tapi saya janji, ini postingan terakhir saya tentang kota ini. Dan kali ini saya tidak akan menunjukkan gambar narsis saya yang berpose di landmark yang ada di Ho Chi Minh City. Kali ini saya akan tunjukkan koleksi benda yang mulai saya koleksi: OBLONG. 

Sebagai penggemar oblong, saya mulai menggemari mengumpulkan (baca: membeli) kaos oblong khas sebuah tempat. Kebiasaan beroblong sendiri sudah sejak kecil saya terapkan. Saya begitu mencintai oblong, dan entah mengapa saya selalu berharap bekerja di kantor yang membolehkan karyawannya mengenakan oblong pas weekdays(ngarep dot co dot id).

Seperti kota-kota lainnya, Ho Chi Minh pastinya memiliki oblong-oblong yang menggambarkan kekhasannya. Diantaranya adalah: 

Kaos bintang  

Kaos bergambar bintang kuning berlatar belakang merah ini merupakan tiruan bendera Vietnam yang juga menggunakan bintang kuning dan warna merah. Kaos ini juga memiliki kaos berwarna lain selain merah, yaitu kaos berwarna hijau. Namun, mengingat berndera Vietnam sebenarnya merah, saya lebih memilih kaos berwarna merah seperti gambar berikut. 
Kata pedagang kaosnya, kalo pake baju ini tidak akan lupa sama Vietnam... (bener gak yah?)

Warna merah pada kaos diatas bermakna darah yang dikorbankan untuk memperoleh kemerdekaan. Dan kelima ujung pada bintang melambangkan serikat pekerja, petani, tentara, kaum intelektual dan pemuda. 

Baju di atas sangat mudah ditemukan di berbagai  tempat di District 1 Kota Ho Chi Minh, sepanjang Bhui Vien, De Tham, Pham Ngu Lao bahkan di Pasar Ben Tanh. Harganya berkisar antara 2-3 USD, tergantung kemampuan menawar tentunya. 

Kaos Macet.

Apalagi yang khas dari kota yang juga bernama Saigon ini? Jika ada satu kata yang bisa digunakan untuk menggambarkan kota ini, maka satu kata itu ialah SEPEDA MOTOR ( eh wait.... sepeda motor itu dua kata kan?, hehehehe). Momen kemacetan di persimpangan jalan-jalan di Ho Chi Minh ternyata bisa diabadikan dalam oblong. Saya suka oblong ini, karena menurut saya oblong ini, meskipun desainnya sederhana, tapi mampu menangkap potret kekhasan kota Ho Chi Minh 


Kurang jelas yah..... Let's zoom it

Gambar dalam oblong ini, mengukuhkan Saigon a.k.a Ho Chi Minh sebagai kota sepeda motor. Harga kaos diatas adalah USD 10, dan dapat didapatkan di Daerah Bui Vien. Bahannya tentunya lebih bagus dibanding kaos bintang. No wonder the price five times more expensive.

Kaos Pho' 

Apakah makanan dari Vietnam yang sudah go internasional? Pastinya sudah familiar dengan waralaba Pho 24 kan. Mie ala Vietnam ini memang sedang banyak digemari. Terbukti dari mulai menjamurnya waralaba Pho 24 ini di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Saat bertandang ke Vietnam pun, warung warung Pho Noodle ada di seluruh penjuru kota. Mungkin saking terkenalnya makanan ini, sampai-sampai papaya-tshirt (salah satu produsen oblong di Ho Chi Minh) mengeluarkan oblong khusus Pho Noodle seharga USD 10. 
Pho' = bowl + meat + noodle + chopstick

Sekian dulu oleh-oleh dari Ho Chi Minh..... Kalo ada oblong yang mau direview, silahkan kirim ke saya yah. Hehehehe. I love oblong, oblong with meaning..... And I am truly an oblong-ers

PS: 
Sekali lagi, dengan alasan kesenonohan, sang model tak kami tunjukkan batang hidungnya apalagi wajahnya. Alasannya, kalau wajahnya ditampakkan, pasti oblong-oblong ini tak akan terlihat keren. Sumpah...

Comments

Iman Sulaiman said…
Pertamaaaaaxxxxxxxx ....

Horeee akhirnya bisa jadi pertamax di marih :)

Eitu kaos motornya keren euy. Cuma saya maunya jangan yang warna kuning, kalo bisa biru aja ya. Bungkus bang hihihi
exort said…
kaos merahnya kok ky kaos salah 1 parpol kita ya?...eh gw minta kaos yg ipho itu dong hehehhe
achie said…
eeerrr....di rumah ada beberapa oblong yang nganggur. Gapernah dipake. Sering dapet oleh2 dari temen ato sodara *cipu blom ngasih* hehe
karena kebanyakan oblong ntu pendek lengannya. Paling ujung2nya dipake kakak *kalo muat*
mila said…
Cipuuuuu.... gw juga beli kaos merah yg bendera vietnam itu.
mgg dpn ketemuan, tuker poto pke baju kaos yg itu yuk spy kembaran (lmao)
iLLa said…
bijimanami waktuta' kuliah kak, pake oblongki juga? waseng nda boleh masuk kalo pake baju kos, hihi..
pakatau'2 sebenarnya modelnya bah, ndada kepalanya (lmao)
LompatJump said…
di indonesia juga punya yang bagus..
tapi ini juga mantap ..hehe
p49it said…
Kaos bergambar bintang itu mengingatkan pada Indonesia di tahun 60-an :D
merry go round said…
Hahaha....tebakan saya bener, pasti Cipu belanja oblong di Vietnam :p
mimien's world said…
habis menggebrak cambodia dan japan, kini vietnam...kapaaan saya bisa jalan2 ke luar negeri juga yah???
cipu said…
@Mas Iman: Jadi serasa jualan oblong

@Exort: yah gua cuman beli 1 doang :p

@Achie: kan bisa pake kaos lengan panjang Chi sebagai daleman..... ntar oblong lengan pendek nya diluar.

@Mila: mmm boleh boleh ;)

@iLLA: saya pake kaos berkerah waktu kuliah

@Lompatjump: iyalah. orang indo lebih kreatif bikin kaosnya

@P46it: emang taun 60-an ada apa?? pemilu yah?

@merry: yup, you know me well, Ross

@mimien: ayo nabung nabung.... biar bisa travel
♥ria♥ said…
kalau yg gambar bintang kaya converse (thinking)
Alrezamittariq said…
kereen...
salam kenal sob...baru hadir di sini nih...
felicity said…
Wah ternyata Cipu penggemar t-shirt ya.... Nanti gw oleh2xin oblong dari sini deh... Ukuran baju dirimu M atau L?
ninneta said…
Guys,

Support The Earth Hour, by turning off all the electricity for an hour on Saturday, March 27'th 2010, 8.30 pm.

Dukung The Earth Hour, dengan mematikan semua lampu dan listrik selama 1 jam, pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 mulai dari jam 20.30 malam.

This is the least we can do....


Love the Earth...

Ninneta
d3vy said…
majang oblonk tanpa bagi2 adalah hoax (tongue)
ducky said…
bisa dilempar yg merah ke mareee ga om...:))
emang bener bagus ga pake wajah, kalo pake wajah tar ga fokus ke oblognya qaqaqaqaaaa

*salam hangat*
ipul said…
klo Trinity cerita, katanya ada satu lagi kaos khas Vietnam. kaos warna merah yang gambarnya palu arit..kan khas tuh..

kenapa Cipu ndak beli yang itu..?, kan jarang ada orang Indonesia yang punya..

tapi..klo dipake di tempat umum, resiko tanggung sendiri yah..?
hehehe
Retrira said…
kaos na lucu2..
and I agreed that you don't need to show the model...

wakakakaka.....

*great collection of t-shirts, btw*
Quinie said…
cipuuuuuu gua kira yang bintang ntu kaos converse :D
btw, besok2 kalo abis backpackeran, beli satu kaos (atau beberapa) untuk bikin kuis dong di blog lu... gua pasti dengan senang hati akan ikutan :) hihihii
Quinie said…
hm.. modelnya cowo atau cewe yak? kok kayanya cewe ya?
Elsa said…
aku suka Oblong yang pertama.
bagus banget tuh...

meskipun bergambar bendera, tapi kalo dipake disini kayaknya jarang yang ngerti kalo itu vietnam
hehehe
achmad_syahh said…
waaahh dagang jugaa yaa pu???hihihi...sy suka yang kuning... ^_^

achmad_syahh
nonadita said…
Kaos yg Saigon Traffic itu gambarnya keren :D Kayak Jakarta banyak pengendara motornya :D
AzizSyam said…
kudu beli nih nanti yang merah, seru!
intan rawit said…
wah kaosnya keren2 mas..iya anak2 vietnam temen2ku juga sukanya pada pake kaos merah yang ada bintangnya itu kalo kemana-mana..nasionalis banget ya..hehe

btw mahal juga ya harganya, 10dollar, ga diitung pake mata uang vietnam po?

Popular Posts