Tuesday, January 4, 2011

Milford Sound, keajaiban atau keindahan dunia?

Selama berada di New Zealand, Milfourd Sound adalah paket termahal yang saya ikuti. Saya tentunya berharap banyak bahwa duit yang saya keluarkan berbalas dengan pengalaman yang ditawarkan paket ini. Paket Milford Sound sendiri saya pilih karena rekomendasi teman-teman yang telah menjelajahi pulau selatan New Zealand, selain itu Rudyard Kipling menobatkan Milfourd Sound sebagai “keajaiban dunia kedelapan”. Siapa yang nggak ngiler main ke tempat ini (meski harus merogoh kocek lumayan dalam).

Pagi-pagi buta, mas Allan sang pengemudi bus ke Milford Sound telah datang menjemput saya di X Base Backpacker Hostel. Saya sempat berpikir bahwa saya mending tidur saja nanti selama perjalanan, karena semalam saya agak sulit tidur.

Bus besar yang saya tumpangi ternyata hanya berpenghuni 7 orang saja. Dua pasang kakek nenek lincah dan sepasang Filipina yang sedang berbulan madu. Tak lama, saya pun bisa akrab dengan keenam orang lainnya, namun saya paling akrab dengan pasangan dari Filipina, Ruel dan Leah. Kami sampai membuat perjanjian dengan mereka: bahwa kita akan jadi fotografer satu dan yang lainnya.

Sebenarnya jarak antara Queenstown dan Milford Sound hanyalah 70 km kalau menurut jarak peta, namun sayangnya belum ada konstruksi jalan untuk jalur potong kompas ini. Jadinya, kami harus berputar mengelilingi beberapa danau berjarak 300 km untuk sampai Milford Sound. Persinggahan pertama bus adalah di Te Anau. Te Anau adalah kawasan resort yang dikelilingi oleh Danau Te Anau yang indah. Selain menyajikan keindahan kota khas pinggir danau, Te Anau juga merupakan salah satu tempat yang strategis untuk mengisi perut, belanja suvenir dan membeli perbekalan. Selama 30 menit tempat ini, saya menyempatkan diri mengabadikan momen di Danau Te Ano yang indah dengan latar belakang pegunungan.
Te Anau

Kantuk saya langsung hilang begitu meninggalkan Te Anau. Sepanjang jalan saya hanya bisa berdecak kagum dengan keindahan pulau selatan Selandia Baru ini. Perpaduan danau, bukit, gunung dan flora khas negeri ini benar-benar membuat kantuk hilang. Apalagi kawasan yang rombongan kami lalui merupakan kawasan Taman Nasional Fiordland. Saya baru sadar mengapa paket ini begitu diminati. Paket ini tak hanya menawarkan berlayar di Milford Sound saja, tapi juga memberi kesempatan pada pengunjungnya untuk menjelajahi Taman Nasional Fiordland.

Kami singgah di beberapa tempat yang indah yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Fiordland. Persinggahan dimulai dari Eglinton Valley yang menawarkan pemandangan padang ilalang dengan latar belakang pegunungan yang masih berbalut salju di puncaknya. Tentu saja, kamera di tangan saya terus menerus mengabadikan pemandangan yang menakjubkan yang ada di depan mata saya.
Nyesel setengah mampus kalo sampai tidur di bus dan melewatkan pemandangan indah seperti ini 

Mirror lakes adalah persinggahan selanjutnya. Awalnya saya heran kok kami diminta singgah di kolam kecil seperti ini yah. Gak ada sitimewa-istimewanya nih. Datar saja. Namun, pikiran saya serentak berubah saat saya mulai mengarahkan kamera ke arah perbukitan di depan saya. Nampak pantulan bukit itu terefleksi secara sempurna di kolam yang ada di depan saya. Saya baru mengerti mengapa tempat ini dinamakan Mirror Lakes, jawabannya karena kita bisa melihat pantulan gunung yang ada di depan mata melalui danau Mirror yang ada di bawahnya. Masya Allah indahnya........
Mirror Lakes, gunungnya terpantul di danau

Kami selanjutnya singgah di beberapa tempat-tempat indah dengan latar belakang pegunungan yang puncaknya masih bertahtakan salju. Untungnya, sepasang Filipina yang menemani selama perjalanan tak berhenti menawarkan diri menjadi fotografer pribadi saya, hahahaha. Jadi deh narsisnya kumat.

Ketakjuban saya makin menjadi saat akan melewati terowongan Homer, kami singgah di kaki gunung dengan air terjun nya yang ciamik. Air terjun ini berasal dari bongkah es di puncak yang mencair, jadi tak akan bisa disaksikan sepanjang tahun. Beruntunglah saya, berada di saat yang tepat untuk menyaksikan air terjun indah namun sementara ini. Mata ini tak berhenti memandang sekeliling, kami dikelilingi oleh pegunungan dengan puncak bersalju berselimut awan. Benar-benar lukisan alam yang indahnya mengagumkan.
Air terjun sementara, tidak terjadi sepanjang tahun 

Perhentian selanjutnya adalah the Chasm yang merupakan kawasan hutan yang dipadukan dengan air terjun yang indah. Hebatnya lagi, dinas pariwisata New Zealand benar-benar memanjakan pengunjungnya dengan menyediakan walking track yang kokoh serta bervariasi. Kebetulan the chasm memiliki durasi 15 menit untuk dijelajahi. Gemericik air sungai-sungai kecil menemani perjalanan di the Chasm. Dan perjalanan ini mencapai klimaksnya di sebuah air terjun deras dengan beberapa tebing berlubang di sebelahnya. Katanya kalau air naik dan menutupi lubang tersebut, air terjunnya akan menjadi makin menarik karena air akan membentuk pusaran di lubang-lubang pada tebing ini. Unik kan?
Enjoying waterfall at the Chasm

Setelah berhenti sana berhenti sini, akhirnya tibalah saya di Milford Sound. Kami langsung digiring ke sebuah kapal pesiar berukuran sedang dan perjalanan pun dimulai. Miford Sound merupakan teluk yang menjorok jauh ke daratan. Tur Milford Sound sendiri merupakan tur dengan kapal pesiar menyusuri teluk ini hingga ke laut dan kembali lagi ke ujung teluk. Kalau perjalanannya cuman segitu, mungkin Milford Sound takkan seterkenal ini. Yang membuat tempat ini menjadi buah bibir adalah banyaknya air terjun yang kami lalui sepanjang teluk ini. Saya tak henti berdecak kagum dengan keindahan tempat ini. Sayangnya, cuaca kurang bersahabat saat kami mulai berlayar. Perjalanan di tempat ini di saat mendung jadi seperti perjalanan Jack Parrots di Pirates of the Caribbean.
Air terjun pertama yang saya jumpai di Milford Sound

Pemandangan Milford Sound saat berawan

Air terjunnya berbelok hehehehe 

Anjing laut yang lagi sunbathing, sekalian berpose buat difoto

3 air terjun sekaligus? Indahnya.... 

Dalam perjalanan menyusuri teluk, tak jarang kami melihat anjing laut yang lagi malas-malasan di pinggir teluk. Dan mereka Nampak cuek bebek dengan bidikan kamera para pengunjung Milford Sound. Saya paham sekarang, kenapa tempat ini dijuluki keajaiban dunia kedelapan. Kawasan perairan ini dikelilingi oleh pegunungan dengan hutan lebat dilengkapi air terjun di berbagai penjuru teluk. Miford Sound merupakan bentuk keajaiban dunia yang terjadi secara alami tanpa intervensi manusia.

Tak rugi rasanya merogoh kocek dalam-dalam untuk sebuah trip sehari ke Milford Sound karena paket memang indah. Selain itu, tur ini melewati Taman Nasional Fiordland dengan berbagai atraksi alam nya. Rasanya memang layak menobatkan tempat ini sebagai Keajaiban Dunia.

28 comments:

exort said...

wuuiiihhhh pemandangannya keren banget, kapan ya gw bisa kesana?
*ngelamun*

merry go round said...

Keindahan Fiordland cuma bisa disamain sama keindahan fjord di Norwegia. Ahahahaha, karena beberapa minggu browsing tentang itu terus jadi gue langsung ngeh deh.

Cantiiiikkk bangettt, bener-bener mirip sama Norwegia (lagi-lagi cuma liat fotonya di google). Jalan-jalan ke alam seperti ini membuat kita sadar dengan keagungan dan keindahan ciptaanNya ya pu. Tak henti berucap 'Subhanallah'.

Rahman Raden said...

Gila banget kern banget pemandangan di sana ya! tuhan maha besar atas segala keindahan yang diciptakan dimuka bumi

Gaphe said...

baca artikelnya sama liat fotonya saya berusaha menutup saya biar nggak misuh-misuh... Kereeeeen buaaangggeeeettt...

Saya suka sama pemandangannya. Aseli.. bagus banget.. nggak nyangka yah ada tempat keren gitu di Milford Sound..

ngomong-ngomong, Cipu gendutan yak?
#digampar

pinkpower said...

bellisimaaaa...... :D:D:D:D

ReBorn said...

wow, indah banget pemandangannya!
eh, drtd bilang paketnya mahal mulu. kasih tau range harganya dong, siapa tau ada yang berminat. :)

Meutia Halida Khairani said...

kereeeennn bangeeeettttt pemandangannyaaaa... pasti di sekitar air terjunnya itu dingiiin dan sejuuuk yah..
bener2 indaaahh, subhanallah.. subhanallah

rahma said...

bagusnyaaaaaaaaaa... iiiwaaawww!!!

jadi pengen kesana o.O

Elsa said...

Cipuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
geregetan!!!
betapa beruntungnya dikau disana,,,,,

indah banget
lukisan Yang Kuasa deh

subhanallah fotonya aja keren
apalagi aslinya...

BABY DIJA said...

om Cipu, gak kepingin nyemplung????

fai said...

bergegas obok2 gudang keluarin travel bag, telpon biro perjalanan. saatnya cuss ke slandia baru, mupeng liat postingan cipu #jitak cipu#

Mila Said said...

mudah2an ada yang ngelirik blog lu ini & nawarin buat bikin buku travelling di ausie spy duit travel lu balik modal hehehee... #otakbisnis

fai said...

@cipu: merian ka cipu, soalnya mau pake kata-kata yg ada unsur lampu merahnya kok gak metching gitu, hihihihihiii

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

*ngebayangin si babi pose bareng anjing laut* hihihihi cucok deh

Hasna Diana said...

hai mas Cipu,

thanks for sharingnya :)

saya diana, di jakarta-selatan

Insya Allah, saya berlima dengan teman, perempuan semua, akan travelling ke New Zealand, South-Island. Sekarang kami sedang menyusun itenary dan mengumpulkan informasi.

Boleh bantu menerangkan tentang tur Milford Sound ini?

1. Berapa biayanya
2. Menghubungi tur nya di mana
Apakah bisa langsung di sana, atau harus booking beberapa hari sebelumnya (booking online)
3. Informasi lainnya yang diperlukan.

Makasih banyak atas sharingnya :)
^diana and friends^

genial said...

itu yang pemandangan banyak anjing lautnya keren banged kang :) mangstabs bisa jalan2 kek gtu :( (*ngiri)

nando.gino said...

You know what cipu ? you really makes me jealous.

Arrrrhhhh....jd kepengen kan. Okay, tambahin list panjang tempat yang harus didatangin dalam perjalanan hidup. amin.

cara mengecilkan perut said...

haduh, kapan bisa jalan2 ke tempat2 seindah itu :daydreaming:

tips diet said...

g bs berkata kata lagi
it's AMAZING :D

cici silent said...

Keren banget Cip.... *mupeng lagi*

Aldriana A. Amir said...

Cipu, pemandangannya indah bgt!

Oya, liat foto anjing laut jd inget kemarin saya mau gambar anjing laut naik sepeda loh, hahaha.. Mungkin nanti saya mau gambar anjing laut jg ah.. :P

AieSha said...

kami kepingin banget mahu ke NZ... salam perkenalan... ;)

cabe rawit said...

hai mas cipu...lama tak bersua,,ternyata lagi travelling yah..
wah pemandangan alamnya sueger banget nih dipandang.
btw tu anjing laut yah..tak kira apa gitu...hihi..disana lagi ga ada salju yah mas?musim apa sekarang dsono..haha..banyak nanya deh

morishige said...

gilee air terjun semua.. indah-indah pula.

tapi yang paling bikin saya penasaran sama selandia baru sebenernya padang rumput luas tempat menggembala sapinya.. :D

fai said...

mana lagi ceritanya yg bikin orang menggelinjang?

Watch Rules Of Engagement Online said...

I really like your website. Please do keep us posted when we could see a follow up!

Hartono said...

Salam kenal Mas Cipu...

Bisa bagi info Mas Cipu pake Tour apa untuk ke Milford Sound ? Kebetulan saya juga lagi nyusun itinerary u ke New Zealand..

Terima kasih sebelumnya..

Hartono

_ta said...

babiiii!!! keren banget foto-fotonya!!!!
gue iriiiiiiiii.. pengen kesana!! *jambakjambakrambut*

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *