Warrior - I fight for my family

Jarang-jarang saya mereview film di blog karena saya sadar saya bukan ahli me-review film apalagi ngomong detail tentang sinematografi. Definitely not my expertise. Kalaupun harus me-review film, itu pasti karena TERPAKSA. Seperti postingan kali ini, saya akan me-review film yang berjudul Warrior karena terpaksa. Terpaksa karena film nya terlalu bagus, terlalu mempesona, dan terlalu sayang buat dilewatkan. 

Hari ini, Sabtu, cuaca Melbourne cerah ceria. Sayang rasanya kalau tinggal di rumah untuk belajar. Cuaca cerah terlalu sayang untuk dilewatkan. Kebetulan, seorang teman saya ngajak nonton. Awalnya diputuskan mau nonton Midnight in Paris, tapi ternyata si teman sudah nonton. Saya pun menawarkan alternatif lain yakni Warrior yang akan tayang 40 menit lagi. Tanpa sempat membaca sinopsisnya, saya langsung ganti pakaian, berparfum secukupnya untuk menutupi fakta bahwa saya tidak sempat mandi siang tadi, hehehehe. Saya dan teman tiba tepat waktu di bioskop. Ekspektasi saya: Warrior itu adalah film kolosal sejenis the Gladiator, Braveheart dan semacamnya. 
Wajib tonton
(http://onlinemovieshut.com)
Film ini bercerita tentang perjalanan dua mantan petarung untuk meraih gelar juara martial arts bertajuk SPARTA. Film ini diawali dengan kembalinya Tommy (diperankan oleh Tim Hardy) menemui bapak kandungnya (yang mantan pelatih tinju, diperankan oleh Nick Nolte) setelah 14 tahun tak pernah pulang. Tommy jelas-jelas lebih parah dari Bang Toyib yang cuma 3 lebaran ga pulang-pulang. Kepergian Tommy selama 14 tahun dipicu oleh perilaku bapak nya yang pemabuk, dia menyimpan dendam pada sang Bapak. Kepulangannya menemui bapaknya semata untuk meminta bantuan sang bapak untuk menjadi pelatih demi keinginannya menjadi juara di SPARTA. Setelah 14 tahun kepergian anaknya, sang Bapak banyak berubah. Alkohol sudah tak disentuh lagi, kehidupan sang Bapak menjadi jauh lebih relijius. Kepulangan Tommy menjadi kesempatan untuk sang Bapak memperbaiki segalanya, namun sepertinya Tommy menganggap sang Bapak sudah terlambat untuk meminta maaf. Hubungan mereka semata petarung dan pelatih, menurut Tommy. 
Tommy and his Dad
(http://www.daemonsmovies.com/2011/04/07/warrior-movie-trailer-with-tom-hardy/)
Tokoh lain yang tak kalah menarik adalah Brendan, sang mantan petarung yang merubah total kehidupannya menjadi seorang guru Fisika yang sangat dicintai muridnya, serta ayah dari dua gadis mungil dan suami dari seorang istri yang cantik. Brendan is a family man. Demi menjalani kehidupan yang normal, Brendan berjanji pada istrinya untuk tidak kembali ke arena laga. Namun, kehidupan sebagai guru ternyata tak mampu menopang ekonomi keluarganya. Ancaman bahwa rumahnya akan disita membuat Brendan harus berupaya mencari uang tambahan, dan bertarung menjadi satu-satunya pilihan. Karena pilihannya ini, Brendan dinon-aktifkan dari sekolah karena dianggap tidak patut menjadi contoh bagi murid-muridnya. Kejadian demi kejadian membuka jalan bagi Brendan untuk menuju SPARTA. Masuk SPARTA tentunya tidak mudah, hanya 16 petarung yang akhirnya akan terpilih dan bertarung memperebutkan hadiah sebesar USD 5 juta. Hadiah yang menggiurkan bagi Brendan yang sedang dihimpit masalah keuangan. 
Brendan, the family man
(http://www.beyondhollywood.com/warrior-2011-movie-review/)
Film ini berjalan lambat di awalnya. Namun, sutradara Gavin O'Connor berhasil merangkai serpihan-serpihan cerita di awal film menjadi sebuah cerita yang sangat menarik. Film ini penuh kejutan-kejutan yang setiap saat bisa menciptakan suasana yang emosional. Terbukti, ibu-ibu yang duduk di sampingku tak berhenti mengusap mata nya yang berair. Entah, mungkin kelilipan kali. Pertemuan antara Brendan, Tommy dan ayah Tommy terjadi di pertengahan film yang menyingkap teka-teki penggunaan tiga tokoh sentral dalam film ini. Alotnya pertarungan si SPARTA juga disajikan dengan sangat menawan dalam film ini. Empat jempol (thumbs and toes) saya acungkan ke O'Connor atas kepiawaiannya menggiring penonton dari alur cerita yang lambat ke klimaks cerita yang luar biasa. Ini yang saya sebut orgasme film.

Bagaimana ketiga tokoh ini terhubung? Berhasilkah mereka menaklukkan SPARTA? Well, go watch it, dude. 

Sebelum film ini, film bertajuk "the Fighter" juga memiliki tema yang hampir sama: tinju dan keluarga. Film ini banyak mendapat pujian dari kritikus film. Tapi menurut saya, film the Warrior selangkah lebih maju dari film "the Fighter". Karakter tokoh-tokoh nya begitu kuat: sang Bapak (pelatih alkoholik yang sudah insyaf), Tommy (sang petarung hilang) dan Brendan (guru Fisika yang mantan petarung). Banyak sekali momen menegangkan dan momen yang bisa mengaduk-aduk emosi para penonton. 

Tak salah jika film ini banyak dipuji kritikus. 

"Warrior will knock you out", - The New York Times 

"Truly one of the best films I've seen all years" - Ain't it cool news 

"Fiercely moving", - Rolling Stones 

"Riveting! Draws you in since the first scene" - Vanity Fair 

"Sure to keep you on the edge of your seat", - People 

Saya sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton. So be ready to be knocked out by the Warrior and please bring tissue ladies!!.

Comments

addiehf said…
langsung melipir ke web sebelah, apa ada donlotannya ya pilem ini #LOL
Mila Said said…
banyak adegan berdarah-darah nya ya Cip? gw ga berani nonton klo gitu ngeriiiii......
merry go round said…
Great review Cipu. Memaparkan film dan kelebihan-kelebihannya tanpa membuat spoiler disana-sini, mengundang orang lain untuk melihat tanpa membocorkan cerita utuhnya. Love it!
d3vy said…
please bring tissues?
really?
Winnie said…
Reviewnya keren, jadi pengen nonton ... tapi takut, temanya fighting soalnya ..
Iman said…
Mau nontooon nih, Cipuuuu bayarin!!! #hehehe

Eini kapan ya masuk ke tanah air? Penasaran pingin membuktikan review ini.
Indira said…
Great Review. Jadi pengen nonton. Di Indonesia kynya blm masuk deh
arqu3fiq said…
Reviewnya lengkap jadi penasaran ingin segera menontonnya di bioskop, tapi kapan masuk bioskop Indonesia?
Elsa said…
not your expertise????

well, sepertinya hal itu harus dirubah. seperti biasa, tulisan Cipu enak dibaca. termasuk resensi film yang ini
film fighting pasti serem >,< agak gak tega klo ntn berantem2an
ferdivolutions said…
wah, actornya Tom Hardy... #jerit2 #alaABG #terjunkejurang
fai said…
masuk ke Indo gak sih?

hahahaha. gw tetap ji berkaos oblog seperti biasa, tak ada yang berubah selain baju barunya. karena sejujurnya gw cuma punya dua t-shirt setahun belakangan ini. jadi sepertinya memang wajib beli dua bijilagi untuk setahun kedepan, waklakakakakak.....sementara jeans tetap ji satu, malas ka nyucinya, berattttttt jendral.

eh dah nonton shark nigth? kece tuh film, gw barusan midnite dan membuat gw kudu muter2 pim 2 buat cari jalan keluar, karenaa semua pintu sudah terkunci. ngehe
Aliya Sachi said…
good re-view. harus nonton sepertinya. anyway ini kunjungan perdana, salam kenal. new bi nih dalam dunia per-blog-an
konde said…
aduh bro jadi penasaran gw sama nih film... ada link downloadnya gak..?

Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011 KLIK -->
http://www.streetdirectory.co.id/sdi/
Aliya Sachi said…
hahaha, so invite me to aussie, and i will perform to all of you.

but, for the first time, u can see my video clip on you tube,

http://youtu.be/VyDP2_bjPwo
JaDe said…
mantebs banget ulasannya! siap dipelototin deh kalo gitu :) thx
wih usulan yang bagus siap nonton dah,.!!
nah nah, dari alurnya rada mirip dengan film real steel. cerita petinju dan drama antara anak dan ayah juga.

pengen nonton jadinya. bagus jg kok cara elo nge-review film :D
Doni Punya Blog said…
Kaykany Recomended Film nih,
Kunjungi juga yah Web Flash saia Digital Printing Suppliers. Salam Kenal.
jadi pengen nonton ni pensaran banget kayanya ssikk ya makasih ya infonya
Wisata Bali said…
Walaupun menulis dalam keadaan terpaksa, reviewnya ok juga...pengen nonton lagi
Nice info... I also share this similar info. Please have a visit. Thanks
JHaZKiTaRo said…
salam kenal.. jemput singgah blog hamba (Aku Sebutir Pasir) kalau nak baca pengalaman hamba kembara ke 46 buah negara.. :)
Meidy said…
waaaahh... ternyata berbakat juga nih mereview film. Cuma agak ga kuat liat yg berantem-antem dan berdarah=darah. Ditunggu review fil yg lain yak..
fai said…
lamanya jiiiiii tak ada updatenya ini orang, sedang sibuk apa ko kawang?
Langsung streaming dulu nihh,,kykanya seruu...
Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
Silahkan mampir2 juga ke Web saya: Pasang Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar .

Salam Outbound !
andyan said…
link donlod dong :D
KPK said…
manteb reviewnya :)

Popular Posts