Dan Mereka Kakakku

Sudah sejak lama saya ingin membuat postingan ini, tapi entah lah mood nya selalu gak dapat atau momennya yang kurang tepat. Sampai tadi pagi, saat bangun kesiangan (lagi), saya mendapati sebuah pesan di inbox facebook yang berisi sebuah link di Jawa Pos. Tiba-tiba hasrat saya untuk menulis ini begitu menggebu. Saatnya saya sedikit bercerita tentang keluarga saya, tepatnya tentang srikandi-srikandi di keluarga saya. 

She is my fun hangout mate
Yang suka berita politik mungkin sering melihat sosok kakak sulung saya di televisi. Apalagi pas jaman jamannya Pemilu, dia wara-wiri di tivi dan melalui sejumlah wawancara yang sepertinya sangat dinikmatinya. Namanya Wahidah Suaib, seorang praktisi pemilu yang lumayan dikenal di negeri ini. Berita-berita tentang nya tak lepas dari sengketa pemilu, pengawasan pemilu sampai pemilukada. Banyak yang kagum dengan keberanian serta kegigihannya dalam menangani kasus-kasus pemilu yang kerap sangat politis dan dilematis(dan saya termasuk pengagum rahasianya, I never express this feeling to her). Saya yang setiap hari mengenal dia cukup tahu betapa perfeksionis nya kakakku yang satu ini. Dia tak hanya piawai dalam sengketa pemilu, tapi juga dalam hal  interior rumah serta otomotif (She is jolly good for those areas), and she can be damn picky sometimes. Kesukaannya akan warna ungu dan orange, membuat tempat tinggal kami di Jakarta sarat dengan warna itu. Saya mempercayakan penataan kamar saya padanya hehehehehe. Selain itu, dia itu teman hangout yang lumayan seru, kesukaan akan FILM dan NYANYI membuat kami kerap nonton bareng yang berakhir di sebuah ruangan karaoke di dekat tempat tinggal kami. Membayangkan ini sudah membuat saya tak sabar ingin balik ke Jakarta. We love exploring Jakarta :) 

She loves eating

Kakakku yang satunya bukan lah seorang politisi, tapi seorang wanita sederhana penganut paham simplicity. Namanya Muslimah, saya memanggil Uche'. Dia memilih tinggal di kampung menjaga Mama, dan memberikan kesempatan berkembang itu untuk saya, adik semata wayangnya. Kami, secara emosional sangat dekat dan memang akrab dari kecil. Secara akademik, dia di atas rata-rata. Dia pintar dan mudah bergaul dengan siapa saja. Tapi, dia sadar bahwa harus ada yang menjaga Mama di kampung. Saya kagum dengan niat tulusnya menjaga Mama dan kagum dengan kesabarannya meng-handle saudara-saudaranya yang doyan bepergian dan jarang pulang kampung. Saya belajar dari dia bahwa hidup tak hanya sekedar mengejar ambisi tapi hidup adalah mengenai pilihan. Dan dia memilih untuk tinggal di kampung bersama mama, tak seperti saya yang berambisi ini dan itu. Well, dia adalah partner sejati dalam makan bakso dan wisata kuliner di kampung. Dia tahu betul betapa sayur kuah bening (kaju lawi) dan ikang asing (bale rakko) bisa membuat saya nambah dua kali (oopsss). Sebagai kompensasi dari semua yang dilakukannya selama ini, saya ingin mengajak nya travel ke banyak tempat suatu saat nanti. Insya Allah, Amiiiiin. Yup, awalnya dia tak terlalu suka traveling tapi nampaknya setelah perjalanannya ke Bali dan Singapura, dia mulai merasa perlu melihat lebih banyak lagi dunia di luar sana.
one of those crazy pics we made
Us with Mom, can't wait for another fun family trip

Nah, itulah sekelumit tentang kakak-kakak saya. Kami berasal dari keluarga sederhana dan semoga tetap bisa mempertahankan kesederhanaan itu. Meski jarang bisa berkumpul bersama lagi, kami berusaha menikmati perbedaan jarak ini dan berjanji akan travel bareng (lagi) suatu hari nanti. Dan pada pagi yang cerah di musim semi  di Melbourne ini, saya cuman ingin bilang: I miss my sisters........
26 komentar
  1. :)....me likey postingan yang ini.
    tapiiii teteup penasaran tadi lo mimpi apa? *angkat2 alis*

    -Jangtu-

    BalasHapus
  2. ah cipu...
    Selalu kagum sm kaka cipu yg politikus,detail oriented, perfeksionis.apalagi dgn profesinya sbg politikus.gue cm bs bengong2 d dpn layar google wktu lo nyuruh search namanya dstu.kalo kopdaran lg dia diajak y :D

    Klo sm kaka cipu yg satu lg,akhrnya pnsrn gue tjwab jg.lupa mulu kalo mau tnya pas chat.pilihan yg sulit mgkn y untk dia,tp dia tulus :)

    BalasHapus
  3. awwwwwwwwwwwhhhhhhhhhh... aku jadi mellow jellow baca ini ...hu..hu..hu..you are such a lucky man darling...punya sodara dan kakak..it must be fun.. hehehe and me likey your sister "Ida" she is my fun mate at my old office too..hihihihi..

    Miss you tooooooo

    BalasHapus
  4. Suka IkanG AsinG juga ya kak? sama donk... Heheheee
    Just blogwalking, salam kenal dari Blogger from Parepare :)

    BalasHapus
  5. keluarga yg harmonis....mmmm kakak2 elo ga kembar kan? kok bajunya sama mulu?

    BalasHapus
  6. klo emang bener tuh sifat centil2 rusuh genetis di keluarga lu, gw ga bisa bayangin betapa kacaunya kalo lu & dua kakak lu itu ngumpul hahahaaa...

    btw, kog baju lu ga ikut kembaran juga siy? kan spy makin kompak (evil_grin)

    BalasHapus
  7. Kunjungan perdana, salam kenal :)

    BalasHapus
  8. Sumpeh Cipu... postingan elu bikin saya jadi pengen punya kakak. Sebagai anak tertua, dan punya dua adik cowok semua.. jadi pengen ngerasain punya kakak perempuan deh.. hahahaha

    BalasHapus
  9. asik deh :))
    bagus bagus fotonyaaa :)

    BalasHapus
  10. to twit banget cih kamu cama kakak0kakakmu..... :)

    jadi terharu *mulai cengeng*

    BalasHapus
  11. coba bajunya bisa samaan dg kakaknya... but without veil, tentunya :D

    BalasHapus
  12. Ah, Cipu.. baca ini aku jadi ingin peluk kakak dan adikku, hiks..

    Oya, ingin peluk mamaku jg deh.. :)

    BalasHapus
  13. salut dengan kakamu yang menemani mamamu. sadar kalau ambisi gag selalu tentang menjadi wanita karir yang sukses :)

    BalasHapus
  14. Jauh dimata dekat di hati, mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk melukiskan kedekatan emosional yang kuat. Jarang lho...kakak beradik yang seakrab itu. Temenku ada yang cuman dua bersaudara tapi nggak akur dan mereka mengaku satu sama lain memang nggak cocok.

    BalasHapus
  15. kaju lawi + bale rakko, hmm Bugis juga yaa?? ayoo ayoo di Melbourne ada kedua makanan itu gk?? hihih

    emang asik punya kakak, apalagi klo bontot, kita banyak yang jagain, hehehh :D

    BalasHapus
  16. cipu saking kangennya sama kakak2nya, beberapa malam yg lalu sepanjang perjalanan di tram cerita kakak2nya mulu, dr stop 5 sampe 26 bo'... hehe...

    angkat topi buat kakak2nya pu :)

    BalasHapus
  17. nikmatnya punya kaka cewek.. hihih kuharap itu yang dirasakan adik gw hihih... :)

    BalasHapus
  18. ga nyangka ternyata si babi memliki kakak yang baik dan luar biasa
    Happy Family uyy *iri in action*

    BalasHapus
  19. katanya kalo seorang laki2 hidupnya dikelilingi banyak perempuan yg dia sayang, seperti ibu dan sodara perempuan, biasanya dia akan tumbuh jadi laki2 yg sangat sangat menghargai perempuan. itu juga yg sy amati dari orang2 yg punya banyak sodara cewek, cenderung lebih sopan sm teman ceweknya. Dibanding yg tidak punya sodara cewe. Ini cuman sy amati dari teman2 kampus siy, hehe..

    dan kayaknya yg punya blog termasuk disitu ya kak :P
    btw bemana rasanya ndak punya sodara cowok kak?

    BalasHapus
  20. bagaimana ya?mw dibilang it is a great blog,g juga soalnya yg punya juga orang yg luar biasa...klo biasa aja i2 malah aneh..mw dbilang biasa aja,bagi banyak orang biasa (termasuk saya)...LUAR BIASA!!!!!!!pokoke all my thumbs up deh buat buat kakak cipu!GANBATTE!!!

    BalasHapus
  21. 2 kakak perempuan yang hebat!!!
    betapa beruntungnya Cipu....

    BalasHapus
  22. aku punya 3 kakak laki laki Om...

    BalasHapus